Tebing Cadas Hideung di Cianjur Kembali Longsor

CIANJUR – Kawasan tebing Cadas Hideung kembali longsor, Rabu (12/1).Akibat longsor tersebut ruas Jalan Sukanagara-Pagelaran menuju Cianjur Selatan di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur ditutup sementara.

Arus lalu lintas dari Cianjur-Sukanagara menuju Pagelaran dan Cianjur Selatan mengalami kemacetan dari kedua arah imbas longsor di tebing Cadas Hideung.

Camat Pagelaran Denny W. Lesmana mengatakan, kawasan tebing Cadas Hideung longsor setelah hujan deras dengan intensitas tinggi turun selama beberapa jam.

Material longsor seperti lumpur, kerikil hingga bebatuan yang berada di tebing Cadas Hidueng kembali longsor setelah hujan deras turun.

“Saat hujan terjadi beberapa warga, relawan dan retana, langsung menutup jalan. Sehingga tidak ada korban jiwa dan luka maupun material longsor yang mengenai kendaraan,” ujarnya.

Denny menyebut hingga saat ini tebing setinggi 30 meter tersebut masih rawan terjadi longsor, apalagi bila terjadi hujan deras material dari atas tebing akan berjatuhan.

“Saat ini dua unit alat berat dan satu dump truk sudah disiagakan sekitar Kawasan Cadas Hidueng, agar apabila terjadi longsor besar maka bisa langsung tertangani,” katanya.

Denny mengatakan, pihaknya telah melapor ke BPBD Kabupaten Cianjur, dan PUPR Jawa Barat untuk penanganan Kawasan Cadas Hideung yang sering mengalami longsor saat terjadi hujan.

“Sejauh ini penanganan hanya bisa dilakukan untuk sementara waktu saja, karena cuaca yang masih sering hujan, sehingga cukup sulit jika penanganan untuk jangka panjang,” pungkasnya. (cianjurekspres/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan