Seluruh Warga AS Bisa Terpapar Omicron, Ahli Penyakit Menular Bilang Ini

PENYEBARAN Omicron, varian Covid-19, menyebar secara massif di global. Termasuk Indonesia pun sudah terdeteksi masuknya Omicron.

Bahkan negara sebesar Amerika Serikat (AS) juga terkena dampaknya atas cepatnya penyebaran varian Omicron.

Ratusan ribu kasus Covid-19 varian Omicron di seluruh AS bertambah tiap pekannya.

Kasus yang semakin massif itu pun memunculnya kemungkinan bahwa hampir semua warga AS bakal terpapar strain ini.

Hal tersebut diungkapkan ahli penyakit menular AS, dr. Anthony Fauci.

Akan tetapi, dilansir dari Jawa Pos, dia meyakini seseorang yang divaksinasi akan tetap hidup lebih baik daripada yang tak divaksinasi. Menurutnya mereka yang telah divaksinasi mungkin tetap akan terpapar, namun kondisinya lebih baik karena antibodi lebih kuat.

Omicron dengan tingkat efisiensi transmisibilitas yang luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya, pada akhirnya akan menulari hampir semua orang,” kata dr. Anthony Fauci kepada J. Stephen Morrison, wakil presiden senior Pusat Studi Strategis dan Internasional.

“Mereka yang telah divaksinasi, beberapa mungkin banyak dari mereka, akan terinfeksi tetapi kemungkinan besar, dengan beberapa pengecualian, cukup baik dalam arti tidak dirawat di rumah sakit,” katanya.

“Sebaliknya, mereka yang tidak divaksinasi akan mendapat beban lebih berat,” tambahnya.

Di seluruh Amerika Serikat, setidaknya 1 dari 5 orang Amerika yang memenuhi syarat belum divaksinasi. Lebih dari 62 persen warga negara telah divaksinasi, tetapi baru 23 persen yang divaksin penuh menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Komentar Fauci muncul sebagai jawaban atas pertanyaan apakah pandemi telah memasuki babak baru. “Kita mungkin berada di ambang itu sekarang,” katanya.

Penjabat komisioner Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, dr. Janet Woodcock mengatakan bahwa banyak warga AS dengan cepat tertular virus. Maka, fokusnya sekarang adalah memastikan rumah sakit dan layanan penting berfungsi.

“Banyak orang akan terkena Covid-19,” kata Woodcock di sidang Komite Kesehatan, Pendidikan, Perburuhan dan Pensiun Senat. “Dan yang perlu kita lakukan adalah memastikan rumah sakit tetap bisa berfungsi, transportasi, layanan penting lainnya tidak terganggu selama ini terjadi,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan