Penguatan Pengelolaan Satuan Pendidikan

Pengelolaan hubungan satuan pendidikan dengan masyarakat dimaksudkan sebagai upaya untuk menjalin komunikasi yang baik antara pihak satuan pendidikan dengan orang tua, masyarakat, dan lembaga terkait lainnya. Hubungan baik ini perlu dijalin dalam upaya menjauhkan satuan pendidikan dari posisi sebagai lembaga eksklusif.

Mereka akan terdorong untuk memiliki kepedulian terhadap perkembangan satuan pendidikan karena pihak satuan pendidikan telah menempatkan mereka menjadi bagian integral dari pola pengelolaan kebijakan satuan pendidikan.

Penguatan hubungan ini dilakukan dalam upaya membangun sinergitas sehingga ide atau pemikiran mereka untuk turut mengembangkan satuan pendidikan tidak tersumbat.

Pengelolaan mutu meliputi strategi pihak satuan pendidikan untuk terus mengupayakan dan mengedepankan peningkatan mutu pelayanan terdapat peserta didik dan stakeholder terkait lainnya. Dengan demikian out put yang dihasilkan oleh satuan pendidikan memiliki kesejalanan dengan tujuan yang diharapkan dalam regulasi pendidikan.

Pelayanan mutu ini harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pengelolaan satuan pendidikan karena pelayanan mutu merupakan upaya untuk memberi kepercayaan terhadap peserta didik dan masyarakat terkait lainnya. Dalam kaitan dengan ini, satuan pendidikan dituntut untuk memberi jaminan mutu pelayanan terhadap setiap stakeholder pendidikan, terutama terhadap peserta didik.

Pengelolaan satuan pendidikan yang optimal merupakan langkah yang harus terus dilakukan dalam upaya melakukan akselerasi pelayanan pendidikan. Berbagai langkah menuju optimalisasi pelayanan satuan pendidikan sudah distimulasi oleh Kemendikbudristek lewat berbagai kebijakan yang diterapkannya.

Kebijakan-kebijakan tersebut dialirkan dengan tujuan agar mendapat respons dari pihak satuan pendidikan. Dalam kapasitas sebagai ujung tombak sistem pendidikan, satuan pendidikan harus meresponnya dengan positif. Satuan pendidikan perlu memiliki kekuatan untuk secara sinergi menerapkannya sehingga hasil yang diperlihatkan dari penerapan kebijakan tersebut akan sesuai dengan tujuan yang diamanatkan.

Untuk mencapai pengelolaan pendidikan pada arah seperti yang diamanatkan, salah satu langkah yang dapat diterapkan adalah melakukan dorongan terhadap pengelolaan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan berbagai regulasi. Langkah ini dianggap cukup strategis karena pengelolaan satuan pendidikan menjadi salah satu ujung tombak keberhasilan penyelenggaraan pendidikan.

Satuan pendidikan diharapkan terus berkonsentrasi untuk berkontribusi dalam mendorong peningkatan mutu pelayanannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan