Disdik Kota Bandung: Kegiatan PTM 100 Persen Akan Dilakukan Secara Bertahap

BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menyebut bahwa Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan kapasitas kehadiran siswa 100 persen akan dilaksanakan secara bertahap pada Senin (10/1).

Untuk tahap pertama, Disdik akan melakukan kegiatan PTM 100 persen di 330 sekolah dari berbagai jenjang di Kota Bandung.

Dengan adanya hal tersebut, menurut Kepala Disdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar menjelaskan bahwa pihaknya telah menindaklanjuti surat keputusan bersama (SKB) empat menteri tentang PTM 100 persen.

“Kita sudah melaksanakan, ada 330 tahap pertama ini harus segera menyesuaikan pembelajaran, awalnya 75 persen menjadi 100 persen. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan sesuai yang diharapkan,” ucapnya saat ditemui di SMPN 43 Kota Bandung, Senin (10/1).

Sedangkan untuk di tahap ke-dua nanti, lanjut Hikmat, pihaknya akan melakukan kegiatan PTM di 1.677 sekolah lainnya.

Berbeda dengan tahap pertama, di tahap kedua nanti akan dilangsungkan Kegiatan PTM dengan kapasitas kehadiran siswa sebanyak 75 persen. Sedangkan untuk di tahap tiga, sebanyak 632 sekolah akan mengikuti kegiatan PTM dengan total kehadiran siswa 50 persen.

“Jadi nanti (kegiatan PTM) sedang bertahap supaya bisa 100 persen. Secara bertahap dalam sebulan bebenah dan evaluasi kesiapan infrastruktur. Kesiapan anak-anak juga vaksinasi kepada pendidik dan tenaga kependidikan juga lansia,” bebernya.

Ia juga mengatakan, selama kegiatan PTM berlangsung pihaknya akan selalu mengingatkan ke setiap sekolah untuk tetap memperhatikan Protokol kesehatan (Prokes). Bahkan, Hikmat menambahkan, Disdik Kota Bandung telah membuat surat edaran tentang panduan pelaksanaan PTM 100 persen.

“Di dalam SKB diberikan kelonggaran, artinya maksimal 100 persen, 6 jam pelajaran diatur di satuan pendidikan yang lebih tahu di wilayah dan infrastuktur yang mendukung,” tuturnya.

(Mg4/wan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan