2 Daerah di Garut Ini Sering Dilanda Longsor, BPBD Gandeng PVMG

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, rencananya akan menggandeng Pusat Vulaknologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG), pihaknya tengah mengkaji 2 daerah wilayah Kabupaten Garut, yang sering dilanda longsor.

Adapun kedua daerah tersebut meliputi Kecamatan Talegon dan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Rencana itu diungkapkan Kepala BPBD Kabupaten Garut, Satria Budi.

Dikatannya, pihak BPBD Kabupaten Garut akan melibatkan tim dari PVMBG untuk memantau 2 daerah di Garut yang sering longsor tersebut.

“Ya, akan didatangkan tim dari PVMBG untuk memeriksa kondisi di sana,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi di Garut, Sabtu (9/1) dilansir JPNN.

Dia mengatakan wilayah selatan Garut seperti Kecamatan Talegong dan Cisewu maupun daerah sekitarnya sering dilanda bencana tanah longsor pada musim hujan.

Sejak memasuki musim hujan, kata dia, daerah Talegong sudah beberapa kali terjadi longsor dengan skala kecil maupun besar seperti menutup badan jalan dan mengancam rumah warga.

Tingginya potensi bencana longsor di sana, kata dia, tentunya pemerintah melakukan langkah antisipasi yaitu melakukan kajian untuk menentukan daerah tersebut bahaya atau tidaknya sebagai daerah pemukiman warga.

“Kalau memang daerah berbahaya, dan berpotensi terus longsor, maka tidak boleh ada permukiman warga,” katanya.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Garut Yudha Puja Turnawan menyampaikan pemerintah sudah seharusnya melakukan langkah antisipasi bagi daerah yang sebelumnya sudah dinilai rawan bencana alam.

Dia menyebutkan seperti daerah selatan Garut, yakni Kecamatan Talegong dan Cisewu selama musim hujan selalu dilaporkan terjadi bencana longsor yang berdampak menutup jalan bahkan pemukiman rumah warga.

“Daerah rawan bencana itu harus menjadi perhatian, bisa diantisipasi, minimal upaya menyelamatkan jiwa masyarakat agar tidak menjadi korban longsor,” katanya.

Dia mengungkapkan dirinya setiap terjadi bencana longsor melanda permukiman warga selalu datang untuk meninjau langsung dan memberikan bantuan makanan untuk mengurangi beban warga saat tinggal di pengungsian.

“Saya waktu longsor di Talegong itu datang langsung ke lokasi, saya ingin tahu bagaimana kondisinya untuk nanti jadi bahan laporan kami,” kata politisi PDI Perjuangan itu. (antara/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan