Ternyata Tomat Bisa Atasi Penyakit Ringan Hingga Berat

JAKARTA – Tomat si buah berwarna merah ini walaupun bentuknya kecil, ternyata mengandung berbagai manfaat yang sehat untuk tubuh.

Kandungan gizi yang ada di dalam tomat antara lain protein 1 gram, karbohidrat, kalsium, karoten (vitamin A), vitamin B dan lainnya.

Seperti dikutip laman Timesofindia, berikut manfaat buat tomat:

1. Meningkatkan penglihatan.

Kandungan Vitamin A yang terdapat dalam buah ini membantu meningkatkan penglihatan Anda serta mencegah rabun senja dan degenerasi makula.

2. Membantu melawan kanker

Menurut penelitian, buah tersebut mengandung antioksidan likopen dalam jumlah besar, yang efektif dalam menurunkan risiko kanker, terutama kanker paru-paru, perut, dan prostat.

3. Menjaga kesehatan darah

Penelitian menunjukkan satu tomat bisa menyediakan sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C harian dan juga mengandung vitamin A, kalium, dan zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan darah. Selain itu terdapat kandungan vitamin K, yang mengontrol pendarahan dan membantu dalam sirkulasi darah.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Lycopene dalam buah ini bisa melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi tomat secara teratur membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah serta mengurangi pengendapan lemak di pembuluh darah.

5. Baik untuk pencernaan.

Makan tomat setiap hari bisa menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat karena mencegah sembelit dan diare. Selain itu bisa mencegah penyakit kuning dan secara efektif menghilangkan racun dari tubuh. (fny/jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan