oleh

Lima Jus Buah Ini Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

JAKARTA – Memiliki tingkat kekebalan tubuh yang baik bisa melawan berbagai virus dan penyakit apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Hal tersebut karena antibodi yang ada dalam sistem kekebalan tubuh kita memerangi penyakit, infeksi, dan penting bagi Anda untuk menjaganya tetap sehat dan kuat.

Pandemi telah menyadarkan kita akan pentingnya kekebalan tubuh atau imunitas dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Melbourne menemukan sistem kekebalan yang kuat bisa melawan virus dan membantu Anda pulih dari infeksi.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi beberapa jus.

Seperti dikutip laman Thehealthsite, berikut jus buah yang dapat tingkatkan kekebalan tubuh.

1. Jus tomat

Jus tomat segar mengandung folat, yang mengurangi risiko infeksi. Jus tomat juga menyediakan berbagai macam vitamin, mineral, dan antioksidan kuat yang memberi tubuh banyak manfaat kesehatan.

Caranya adalah memasak irisan tomat selama sekitar tiga puluh menit dengan api sedang dan masukkan ke dalam food processor, kemudian haluskan sampai mencapai tingkat konsistensi yang diinginkan.

2. Jus hijau berbahan dasar sayuran

Campurkan apel hijau, selada dan kangkung dalam blender dan aduk rata. Jus buah ini adalah minuman penambah kekebalan yang bisa Anda tambahkan ke dalam diet harian kamu.

Kulit apel mengandung sejenis pigmen tumbuhan flavonoid yang dikenal sebagai quercetin yang membantu memperkuat imunitas dan mengurangi peradangan.

Selada dan kangkung, di sisi lain, mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang membantu melawan infeksi dan meningkatkan imunitas Anda.

3. Jus buah merah Kombinasi bit, wortel, jahe, dan apel memberi manfaat luar biasa untuk tubuh.

Minuman ini adalah pembangkit tenaga nutrisi yang akan mengurangi gejala peradangan dan membantu sistem kekebalan tubuh Anda. Tidak hanya itu, tetapi juga membantu Anda mengatasi gejala pilek atau flu, yang bisa menghambat pekerjaan kamu sehari-hari.

4. Jus buah jeruk

Buah jeruk disebut-sebut sebagai sumber vitamin C terbaik dan penambah kekebalan tubuh yang kuat. Apa yang Anda mungkin tidak tahu vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit virus.

Kekurangan vitamin C telah lama dikaitkan dengan penurunan respon imun. Untuk orang dewasa yang sehat, 200 mg sehari sudah cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Jus semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi yang membuat tubuh Anda terhidrasi. Semangka juga membantu dalam detoksifikasi. Semangka mengandung nutrisi sehat seperti vitamin C, vitamin A dan magnesium. Tidak hanya itu, tetapi juga membantu meredakan nyeri otot, yang merupakan gejala umum flu. (fny/jpnn/ran)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga