Mana Lebih Baik, Vaksin Booster Pfizer ataukah Moderna? Ini Kata Ahli AS

VAKSIN booster sudah mulai digencarkan mengingat varian Omicron yang kian bikin khawatir. Beberapa negara diketahui sudah mulai melaksanakan vaksinasi dosis ketiga ini.

Kendati begitu, muncul sejumlah pertanyaan terkait vaksin jenis apakah yang paling efektif? Tentu, efektif sebagai vaksin booster mengatasi varian Omcron.

Muncul dua nama: vaksin Pfizer dan Moderna.

Vaksin yang dibuat oleh Pfizer dan mitranya BioNTech adalah satu-satunya pilihan di AS untuk anak-anak dari segala usia. Departemen Kesehatan Masyarakat Illinois mengumumkan akan mengadopsi rekomendasi terbaru CDC bagi mereka yang berusia 12-15 tahun untuk mendapatkan dosis booster lima bulan setelah menerima dosis kedua.

“Kami tahu bahwa dosis booster vaksin Covid-19 dapat membantu memberikan perlindungan berkelanjutan terhadap varian Omicron,” kata Direktur IDPH Dr. Ngozi Ezike dalam sebuah pernyataan.

“Mengikuti rekomendasi CDC, dosis booster dianjurkan untuk mereka yang berusia 12-15 tahun yang menerima dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech lima bulan lalu,” kata pernyataan itu.

Departemen kesehatan Chicago mendukung keputusan itu dan mendorong semua warga Chicago yang memenuhi syarat, berusia 12 tahun ke atas, untuk mendapatkan dosis booster.

“Apa pun jenis vaksin Covid-19 yang awalnya mereka terima,” kata Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago dalam rilis.

Dilansir dari Jawa Pos, AS mendesak agar setiap orang berusia 12 tahun ke atas mendapatkan booster Covid-19 setelah memenuhi syarat. Ini untuk membantu melawan Omicron yang sangat menular. Vaksin booster sudah dianjurkan untuk semua orang Amerika berusia 16 tahun ke atas.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mendukung suntikan booster Pfizer untuk remaja berusia 12 hingga 15 tahun dan merekomendasikan remaja berusia 16 dan 17 tahun.

CDC juga merekomendasikan bahwa anak-anak antara usia 5 dan 11 tahun yang mengalami gangguan kekebalan sedang atau berat harus mendapatkan dosis ketiga pada 28 hari setelah dosis kedua mereka.

Pedoman baru AS mengatakan siapa pun yang menerima dua vaksinasi Pfizer dan memenuhi syarat untuk mendapatkan booster bisa mendapatkannya lima bulan setelah suntikan terakhir mereka, daripada enam bulan yang direkomendasikan sebelumnya.

Booster Pfizer 25 Kali Tingkatkan Antibodi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan