Dubes Kazakhstan Beri Imbauan untuk WNI yang Terjebak Situasi Kerusuhan

JAKARTA Duta Besar (Dubes) RI untuk Kazakhstan, Fadjroel Rachman mengatakan kondisi warga negara Indonesia (WNI) saat ini dalam kondisi aman di negara Kazakhstan.

Hal ini dikatakan Fadjroel setelah terjadinya unjuk rasa berhari-hari terkait kenaikan harga bahan bakar. Sehingga mengakibatkan situasi yang kian memanas.

“Jadi kondisi WNI aman (di Kazakhstan-Red),” ujar Fadjroel kepada JawaPos.com, Jumat (7/1).

Selain itu, Fadjroel juga mengaluarkan tujuh imbauan kepada WNI yang berada di negara tersebut. WNI diimbau untuk selalu waspada dan berhati-hati.

“Pertama untuk selalu waspada dan berhati-hati,” imbuhnya.

Selajutnya imbauan kedua adalah WNI untuk menjauhi segala bentuk kerumunan massa. Mengingat saat ini situasi sedang tidak kondusif.

“Kedua, menjauhi kerumunan,” katanya.

Kemudian ketiga, Fadjroel mengimbau kepada seluruh WNI untuk tidak berpergian keluar rumah. Terkecuali untuk keperluan yang mendesak.

“Ketiga, tidak bepergian ke luar rumah kecuali untuk hal-hal yang penting,” ungkapnya.

Lalu keempat, adalah mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat, menjaga ketertiban, dan tidak ikut dalam aksi-aksi massa yang dilakukan di wilayah setempat.

“Kelima, tidak memberikan komentar yang bersifat publik terhadap perkembangan situasi dalam negeri Kazakhstan,” tuturnya.

Keenam, Fadjroel mengimbau agar para WNI saling berkomunikasi dengan sesama WNI yang berada di kota/wilayah masing-masing.

Ketujuh, WNI untuk terus berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) melalui grup WNI. Hal itu dilakukan untuk mengetahui perkembangan dari WNI masing-masing.

“Ketujuh, berkomunikasi dengan KBRI melalui grup WNI maupun jalur-jalur komunikasi yang memungkinkan untuk memberi update kondisi masing-masing dan melaporkan hal-hal yang penting diketahui bersama,” imbuhnya.

Fadjroel juga memberikan informasi, nomor telepon dan bantuan yang disediakan oleh KBRI. Itu adalah, Alamat KBRI Sarayshyq St 22 Nur Sultan 020000, Nomor telepon KBRI (hari dan jam kerja) 8 (7172) 799670, dan hotline KBRI (24 jam), melalui sms, telepon, atau WhatsApp +77718360245.

Diketahui, Kazakhstan, yang kaya energi, kini tengah menghadapi krisis terbesarnya dalam beberapa dasawarsa, setelah aksi-aksi protes berhari-hari atas kenaikan harga bahan bakar meningkat menjadi kerusuhan yang meluas.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (6/1) dalam kekerasan terburuk yang dilaporkan sejauh ini, polisi mengatakan puluhan orang tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan di gedung-gedung pemerintah di kota terbesar di negara itu, Almaty, pada Rabu (5/1) malam waktu setempat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan