Peran Orang Tua Siswa Saat Pembelajaran Jarak Jauh

Sekalipun demikian, komunikasi yang selama ini sudah terbangun antara sekolah dengan orang tua siswa tidak serta merta harus tergerus seiring dengan pemberlakuan PTMT yang mendekati kondisi normal. Bangunan komunikasi di antara keduanya harus terjalin lebih intens, sehingga terjadi sinergitas keduanya dalam ikut serta mendorong setiap siswa agar menjadi personal yang siap menghadapi dinamika kehidupan masa kini dan masa depan.

Penguatan Peran Orang Tua Siswa

Dalam konteks kebijakan pendidikan, upaya penyiapan siswa agar menjadi sosok potensial masa depan tidak hanya menjadi tanggung jawab satuan pendidikan semata, tetapi menjadi tanggung jawab para pemangku kepentingan pendidikan lainnya, terutama keluarga yang di dalamnya terdapat orang tua siswa serta masyarakat. Karena itu, sekalipun dalam pembelajaran sudah mengarah pada nuansa normal, satuan pendidikan harus tetap mendorong pemeranan para orang tua dalam upaya mensuport setiap anak-anaknya.

Dalam proses pendidikan, menarik sekali ungkapan yang disampaikan El Hajj Malik El Shabazz, Education is the passport to the future, tomorrow belongs to those who prepare for it today.

Ungkapan tersebut mengarah pada berbagai strategi yang harus dilakukan oleh para pemangku kepentingan pendidikan sehingga penyelenggaraan pendidikan benar-benar mengarah pada upaya penyiapan siswa untuk memiliki passport sehingga mereka bisa berperan optimal dalam kehidupan masa kini dan masa depan.

Setiap siswa yang dititipkan oleh orang tuanya pada satuan pendidikan harus dipandang sebagai karunia Allah SWT yang tak terhingga dan tak ternilai harganya. Kepercayaan yang diberikan orang tua terhadap satuan pendidikan, sudah selayaknya direspons dengan optimal melalui cara penerapan kebijakan pendidikan sebaik-baiknya, sehingga mereka akan bertumbuh menjadi generasi tangguh yang dapat berkiprah pada kehidupan masa depan mereka.

Penyadaran akan pentingnya perhatian optimal kepada siswa dari setiap satuan pendidikan perlu terus didorong. Kesadaran akan pentingnya perhatian terhadap anak yang tengah berada pada masa bertumbuh dan berkembang itu patut menjadi core dalam kebijakan pendidikan yang diterapkan oleh satuan pendidikan. Mereka sedang berada pada moment terpenting dan terbaik dalam upaya pembentukan pondasi kehidupan masa depannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan