Bahaya Tidur Dengan Posisi Tengkurap

JAKARTA – Tidur adalah saat dimana seluruh anggota tubuh beristirahat, dengan istirahat yang cukup makan badan akan menjadi semakin sehat, namun ada posisi tidur yang ternyata bisa memicu penyakit, alih-alih tidur untuk istirahat biar sehat malah menjadi sakit.

Tidur dengan posisi tengkurap sangat tidak disarankan, selain tidak baik untuk kesehatan, dalam Islam tidur tengkurap juga tidak dianjurkan. Bahkan ada beberapa hadis yang menguatkan, seperti dikutip dari halaman GridHEALTH.id.

Misalnya saja hadis riwayat Ahmad yang menyebut Rasulullah SAW tidak menyukai posisi tidur tengkurap.

“Abu Hurairah berkata bahwa Nabi SAW melihat seseorang berbaring (tidur) dengan posisi tengkurap, maka beliau pun bersabda, “Ini adalah cara tidur yang tidak disukai oleh Allah.” (HR. Ahmad).

Bahkan dalam hadis lain Rasulullah menyebut bahwa tidur tengkurap seperti tidurnya para penghuni neraka.

“Sesungguhnya posisi tidur tengkurap itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla,”.

Dari Abu Dzar, ia berkata, Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wassalam lewat di hadapanku dan ketika itu aku sedang tidur tengkurap. Beliau menggerak-gerakkanku dengan kaki beliau. Beliau pun bersabda,” Wahai Junaidib, tidur seperti itu seperti berbaringnya penduduk neraka,”. (HR Abu Dawud).

Karenanya umat islam dihimbau untuk menghindari cara tidur tersebut.

Dilihat dari sisi ilmiah dan medis, tidur tengkurap bisa dibilang posisi tidur terburuk, menurut spesialis tidur Michael Breus, PhD, penulis “The Power of When” seperti dikutip dari Livestrong, Selasa.

Posisi ini sering menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang cukup parah, terutama di leher Anda.

Kemudian, seringkali, ketika orang tidur tengkurap, leher mereka diangkat terlalu tinggi. Akibatnya, banyak yang mengalami sakit leher di pagi hari setelah tidur tengkurap.

Masalah lain, nyeri punggung bawah bisa muncul karena tidur tengkurap, menurut Cleveland Clinic. Tidur dengan sisi depan memberi tekanan ekstra pada sendi di tulang belakang dan punggung bawah. Ketika Anda tidur tengkurap, sulit untuk menjaga tulang belakang Anda sejajar dengan benar, kata Breus.

Meskipun ini mungkin tidak menyebabkan rasa sakit atau tekanan setelah satu atau dua malam, tidur tengkurap yang konsisten dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit dalam jangka panjang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan