Robby Purba Kanker Payudara, Pria Juga Bisa Kena, Begini Penjelasannya

JAKARTARobby Purba terkena kanker payudara. Meski jarang sekali terjadi, ternyata pria juga bisa mengidap penyakit tumor jenis ini, .

“Pria dengan tumor payudara. Bisakah? Alhamdulillah ternyata bisa. Lagian apa sih yang Allah gak bisa,” tulis Robby Purba mengabarkan dirinya pasca menjalani operasi kanker.

Kendati terkena tumor mengerikan itu, Robby Purba mengaku bersyukur, karena kanker payudara yang diidap dirinya bisa segera terdeteksi dan ditangani.

“Nah abang yang beruntung nih. Kasus yang jarang terjadi kepada pria,” tulis presenter kenamaan tanah air tersebut.

Robby mengaku, sudah 9 bulan kerap merasakan sakit saat melakukan olahraga. Kemudian turun tangga pun dada sakit.

“Jadi terganggu apalagi kalau lagi shooting dan harus lompat-lompat. Hehehe. pemicunya banyak, selain Genetic – karena supplements gym atau susu juga bisa (menurut Dokter specialistnya),” ungkap dia.

Intinya, kata Robby, pria bisa terkena kanker payudara dan salah satu penyebabnya adalah gaya hidup.

Dia kembali mengucap syukur, karena tumor tersebut sudah berhasil diangkat. Seraya berharap agar tidak menjalar lebih lanjut.

“Tapi alhamdulillah sudah diangkat tumornya di dada abang. Semoga gak berkembang kemana-mana ya. Kalau orang Besarin PAYUDARA, kalau abang ‘kecilin’ payudara hehehe,” katanya.

Dia juga berterima kasih kepada tim dokter yang telah menangani dengan baik. Sekalipun dia harus menghabiskan waktu Tahun Baru 2022 di rumah sakit.

“Tahun baruan di rumah sakit, nggak papah. Semoga ada yang main kembang api di daerah Semanggi yah hihihi,” ungkapnya.

Seperti dilansir dari laman alodokter, kanker payudara pada pria dapat terjadi pada usia berapa pun. Namun biasanya, penyakit ini lebih sering dialami oleh pria berusia 60-70 tahun. Beberapa faktor yang meningkatkan risiko pria terkena kanker payudara adalah keturunan, paparan radiasi di bagian dada, obesitas, sindrom Klinefelter, penyakit hati yang sudah parah, dan penggunaan hormon estrogen untuk mengobati kanker prostat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan