Pemkot Bandung Optimis Bisa PTM 100 Persen

BANDUNG – Pemerintah pusat saat ini telah mengizinkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa dilakukan 100 persen disekolah. Dengan itu, Pemerintah Kota (pemkot) Bandung merasa optimis bisa melakukannya, dan saat ini sedang terus berupaya persiapan pelaksanaan PTM bisa digelar pada tahun 2022.

Pasalnya hal tersebut telah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendikbudristek, Menag, Menkes, dan Mendagri Nomor 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/6678/2021, Nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan bahwa saat ini Pemkot Bandung terus berupaya bisa melakukan secara penuh. Menurutnya, apalagi progres vaksinasi di Kota Bandung saat ini untuk dosis satu sudah mencapai 100 persen.

“Kan ada regulasi dari Kementerian Pendidikan, bahwa tahun ini bukan terbatas lagi, tapi PTM penuh. Ya tentunya mudah-mudahan di Bandung karena proses vaksinasi sudah 100 persen, karena ini ikhtiar kita juga untuk menyelesaikan pandemi Covid-19,” ujar Yana, Senin (3/1).

Yana pun menjelaskan bahwa proses vaksinasi bagi anak 6 sampai 11 tahun di Kota Bandung saat ini sudah mencapai 20 persen. Dengan begitu, proses vaksinasi tersebut dilakukan dengan basis di setiap sekolah.

“Kan mereka masih bergiliran, jadi tapi tadi pelaksanaan vaksin 6-11 itu basisnya sekolah, basisnya aktivitas mereka,” jelasnya.

“Meskipun mereka bukan warga kota Bandung, tapi sekolahnya di kota Bandung, mereka wajib di vaksinasi. Sehingga kekebalan kelompok herd Immunity di sekolah itu terbentuk gitu ya,” tambahnya.

Pihaknya pun saat ini telah menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan Kota Bandung untuk mengkaji dan mengevaluasi guna melakukan PTM 100 persen secara penuh.

“Karena kalau kesiapan sekolah dengan prokesnya itu semua saya yakin udah siap, karena sudah di simulasi. Tapi yang kita masih khawatirkan itu, apakah perjalanan dari rumah ke sekolah, dari sekolah ke rumah, termasuk lingkungan di sekolah juga,” ucapnya.

“Apakah kita bisa komitmen sama sama antara anak, orang tua, untuk melaksanakan protokol kesehatan itu yang coba kita yakinkan gitu ya,” lanjutnya.

Yana pun meyakini bahwa Kota Bandung saat ini sudah siap melakukan PTM seratus persen jika melihat kesiapan sekolah dalam pelaksanaan PTM sebelumnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan