Slab Track Mulai Dipasang, KCJB Semakin Berproses

Rencananya, PT KCIC akan menyiapkan 11 trainset untuk melayani penumpang yang ingin menikmati kecanggihan KCJB. Saat ini, rangkaian kereta cepat tersebut sedang dibangun di CRRC Sifang, Qingdao, provinsi Shandong, Tiongkok. Kereta yang sudah dibuat sejak Mei 2021 tersebut, direncanakan akan tiba di Indonesia pada Juni 2022.

Tak hanya itu, KCJB juga sedang menyiapkan inspection train atau kereta ukur untuk kebutuhan ujicoba dan perawatan KCJB. Kereta ukur dengan spesifikasi yang sama hebatnya dengan rangkaian CR400AF ini, dirancang agar dapat mendeteksi kondisi lintasan, pengukuran listrik aliran atas atau Overhead Contact System (OCS), pengujian dan pemeriksaan jaringan komunikasi, sistem sinyal, serta dinamika dan integrasi rel-roda dalam kecepatan tinggi hingga 350 km/jam.

Lebih lanjut, dengan dimulainya pemasangan slab track ini, Dwiyana menyebut pihaknya semakin termotivasi untuk melakukan percepatan pembangunan untuk mewujudkan target operasi. Selain penyelesaian konstruksi, persiapan operasional KCJB juga berproses secara paralel. Seperti mempersiapkan aturan kereta api cepat hingga SDM.

“Dengan dimulainya pengerjaan track laying, kami memiliki harapan besar target akan terpenuhi. Untuk itu kami akan fokus mengerjakan segala kekurangan dalam proyek ini dan melakukan beragam persiapan seperti  peraturan kereta api cepat dan SDM,” tegas Dwiyana. (*)

Tinggalkan Balasan