NASA Bentuk Program Selidiki Misteri Alien Dari Para Cendekiawan Agama

AMERIKA SERIKAT – NASA membuat sebuah program untuk meneliti dan memeriksa bagaimana dunia akan bereaksi jika ada kehidupan ditemukan di planet lain semacam kehidupan alien.

Uniknya, NASA meminta bantuan para teolog atau cendekia agama untuk menyelidiki apa dampak penemuan semacam itu terhadap kepercayaan yang dipegang teguh tentang keilahian dan penciptaan.

Badan antariksa AS sejauh ini telah merekrut sekitar 24 sarjana untuk berpartisipasi dalam program di Pusat Penyelidikan Teologi (CTI) Universitas Princeton di New Jersey.

Pusat tersebut menerima hibah NASA senilai $1,1 juta pada tahun 2014 dan berupaya membangun jembatan pemahaman antara akademisi dari berbagai disiplin ilmu, ilmuwan, dan pembuat kebijakan tentang keprihatinan global.

Menurut Daily Mail, program ini tampaknya ditujukan untuk menjawab pertanyaan gambaran besar seperti “apa itu hidup? Apa artinya hidup? Di mana kita menarik garis antara manusia dan alien? Apa kemungkinan kehidupan makhluk hidup di tempat lain?”

Dikutip dari Russian Today, Pekan lalu, Direktur CTI Will Storrar mengatakan kepada The Times bahwa tujuan NASA untuk program ini untuk mengatasi tentang keajaiban dan misteri yang mendalam dan akibat yang timbul dari menemukan kehidupan di planet lain.

“Kita mungkin tidak menemukan kehidupan selama 100 tahun. Atau kita mungkin menemukannya minggu depan, “kata seorang ahli NASA, ia juga menambahkan bahwa departemen “astrobiologi” telah mencari jawaban baru untuk pertanyaan kuno selama sekitar 25 tahun.

Di antara mereka yang telah berpartisipasi dalam program CTI adalah Andrew Davison, seorang imam dan teolog di Universitas Cambridge yang memegang gelar PhD di bidang biokimia.

Davison, yang merupakan bagian dari kohort program 2016-2017, mencatat dalam sebuah posting blog bahwa “tradisi agama” adalah “fitur penting dalam bagaimana umat manusia akan bekerja melalui konfirmasi kehidupan semacam itu di tempat lain.”

Tokoh agama lainnya, termasuk Uskup Buckingham Alan Wilson, Rabi Jonathan Romain dari Sinagog Maidenhead, dan Imam Qari Asim dari Masjid Makkah di Leeds, mengatakan kepada The Times bahwa ajaran Kristen, Yahudi, dan Islam tidak akan terpengaruh oleh penemuan alien.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan