Bantu Pulihkan Ekonomi, Baznas Jabar Order Ratusan Makanan untuk Warga Terdampak Covid-19

BANDUNG – Menolong para pelaku usaha warung kecil, sekaligus meringankan beban masyarakat. Ibarat peribahasa “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlewati”. Itulah program “Dapur Kuliner Nusantara” yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat (Jabar) bersinergi dengan Baznas RI.

Mengapa tidak? Baznas Jabar membantu pemulihan ekonomi warung kecil dengan memesan ratusan paket makanan. Setelah itu dibagikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Wakil Ketua II Baznas Jabar, Dr. H. Ali Khosim, M.Ag mengatakan, program Dapur Kuliner Nusantara diperuntukan untuk membantu warung kecil yang terdampak Covid-19.

“Baznas Jabar membeli produk makanan dari warung-warung tersebut untuk kemudian dibagikan ke panti asuhan, panti jompo, pesantren dan masyarakat umum,” kata KH Ali Khosim di Kota Bandung, Jum’at (24/12).

KH Ali Khosim menjelaskan, selama pandemi Covid-19,  banyak warung yang penghasilannya merosot tajam. Menurutnya, hal itu sangat dirasakan oleh para pengusaha UMKM.

Kendati demikian, untuk membantu memulihkan perekonomian warung yang terdampak, pihaknya mengorder sebanyak 200 paket setiap warung untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Untuk membantu warung tersebut, Baznas mengorder sebanyak 200 paket untuk setiap warung. Kemudian 200 paket makanan tersebut dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas KH Ali.

Tak hanya itu, pihaknya pun melalui Layanan Aktif Baznas (LAB) secara rutin melakukan giat dalam rangka membantu masyarakat terdampak Covid-19.

“Program tersebut ialah bantuan sembako bagi masyarakat dan bank makanan sehat sarat gizi 4 sehat 5 sempurna,” katanya.

Lebih lanjut, ia menerangkan, kegiatan ini rutin satu bulan sekali dilakukan oleh Baznas Jabar. Hal itu sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

“Harapannya melalui program ini masyarakat menjadi terbantu dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19,” harap KH Ali Khosim.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan