Mantan Kepala BIN, As’ad Said Ali Maju Memperebutkan Kursi Ketua PBNU

BANDUNG – Mantan Kepala BIN As’ad Said Ali resmi maju untuk memperebutkan kursi Ketua PBNU dalam Muktamar ke-34 yang dilaksanakan di Lampung.

Mantan Wakil Ketua Umum PBNU periode 2010-2015 itu akan berhadapan dua calon lainnya yaitu, Said Aqil Siradj dan Yahya Cholil Staquf.

As’ad Said Ali mengaku sudah mendaftarkan diri dan banyak mendapat dukungan dari kalangan tokoh Nahdatul Ulama.

Majunya As’ad sebagai calon Ketua PBNU membawa angin segar dalam Muktamar ke 34 itu. Namun, banyak pihak yang beranggapan bahwa majunya A’sad menggerus suara dari Yahya Cholil Staquf yang sebelumnya diprediksi akan ada dua calon ketua.

Dalam pernyataannya A’sad sendiri membantah rumor bahwa pencalonannya untuk menggerus suara Yahya Staquf.

‘’Tidak ada arah ke sana ya, tidak untuk menggerus suara calon lainnya,’’ kata As’ad kepada wartawan, Kamis (23/12).

As’ad sendiri mengklaim majunya sebagai calon Ketua PBNU sudah memiliki basis pendukung sendiri dan tidak memiliki niat untuk menggerus suara calon lainnya.

As’ad sendiri mengaku, majunya sebagai calon Ketua PBNU karena dorongan dari para kiai sepuh Nahdatul Ulama. Sebab, dari beberapa tahapan pelaksanaan Muktamar terlihat memanas.

Menurutnya, persaingan Said dan Yahya sangat ketat dan sempat memanas. Para kiai khawatir pemilihan tersebut kali ini justru memecah tubuh NU.

Meski begitu, As’ad mengaku tidak terlalu memikirkan akan kemenangan. Namun, yang terpenting dapat menjalani kontestasi dengan baik. Khususnya bagi para kader Nahdiyin.

“Kita kan sudah bikin pendidikan kader penggerak NU yang jumlahnya 11 ribu titik mulai 2011 sampai sekarang. Walaupun saya 2016 sudah tidak ikut,’’ ujarnya.

Disinggung, pencalonnya mendapat banyak dukungan di media sosial (medsos) Twiter, As’ad mengaku sangat bersyukur mendapat dukungan meski bentuknya di dunia maya.

Akan tetapi, bentuk dukungan yang diberikan di medsos tidak dapat dijadikan acuan untuk menang atau terpilih menjadi ketua PBNU.

‘’Jadi yang terpenting betuk dukungannya dalah perhitungan dalam sidang nanti,’’pungkas As’ad.

Diketahui dukungan melalui medsos twitter dengan #Asadsaidalimenang sempat menjadi trending topic di twitter dengan dukungan sebanyak 2.826 tweet. Kemungkinan sampai malam ini akan terus bertambah. (radar jabar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan