Akibat Hujan Deras, Kelurahan Rancaekek Kencana Kembali Dilanda Banjir

RANCAEKEK – Banjir di wilayah Kelurahan Rancaekek Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung kembali terjadi.

Diketahui, sampai saat ini Kelurahan Rancaekek Kencana sudah sering menjadi langganan banjir setiap hujan mengguyur terutama dengan intensitas tinggi.

Keluhan dari masyarakat pun kerap terdengar, seperti Ujang Ridwan, 34, warga Kelurahan Rancaekek Kencana mengaku, dirinya sudah terbiasa kalau daerah rumahnya dilanda banjir.

Ujang juga menyebut kalau hujan terjadi dengan intensitas tinggi, maka air banjir bisa masuk sampai ke dalam rumahnya.

“Udah dari dulu saya tinggal di Kencana banjir sering terjadi. Apalagi kalau hujan besar kayak kemarin malam, itu airnya sampai masuk ke (dalam) rumah,” kata Ujang Ridwan saat diwawancarai Jabar Ekspres, Kamis (23/12).

Menurut Ujang, saluran drainase di Kelurahan Rancaekek Kencana menjadi salah satu penyebab yang membuat daerah Kelurahan Rancaekek Kencana dilanda banjir terutama setiap hujan deras turun.

“Kemungkinan drainase. Kurang tahu juga kalau karena faktor apanya, yang jelas banjir setiap hujan itu pasti aja naik,” pungkas Ujang Ridwan.

Sementara itu, melalui pantauan Jabar Ekspres di lingkungan RW10, Kelurahan Rancaekek Kencana, terlihat aktivitas warga yang tengah mengeluarkan air yang masuk ke dalam rumah.

Bahkan anak-anak bermain menikmati banjir dengan kedalaman sekiranya sampai betis orang dewasa.

Sebelumnya, Rabu 29 September 2021, Lurah Rancaekek Kencana, Irwan Hardiansyah sudah mengantisipasi terjadinya banjir dan mengaku tengah menata saluran air di wilayahnya pada saat itu.

“Di tiap RW ada digiatkan kerjabakti membersihkan saluran selokan. Di Kencana drainasenya kecil, jadi kalau debit air besar otomatis gak ketampung,” kata Irwan kepada Jabar Ekspres di ruang kerjanya, Rabu (29/9).

“Antisipasi dan persiapan sudah kita lakukan. Insya Allah ketika musim hujan datang dan sering turun hujan, kalau pun banjir gak akan lama. Ketika hujan selesai banjir juga ikut surut,” tutup Irwan. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan