Siap Lakukan Ram Check Jelang Nataru, Begini Penjelasan Dishub Sumedang

SUMEDANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumedang akan lakukan Ram Check atau inspeksi keselamatan kendaraan umum jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Diketahui, Ram Check bertujuan guna memastikan kondisi kendaraan seperti bus pariwisata sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Pada saat diberlakukannya Ram Check, kendaraan akan diperiksa satu persatu mulai dari kelengkapan teknis sampai kelengkapan secara administrasi.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dishub Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno menyampaikan, menjelang Nataru, Ram Check akan digencarkan mulai pada 22 Desember 2021.

“Untuk persiapan Nataru, kita jajaran Dishub (Sumedang) bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan Darat Povinsi (Jawa Barat) dan Nasional,” kata Atang kepada Jabar Ekspres melalui panggilan telepon, Senin (21/12).

“Melakukan Ram Check mulai tanggal 22 (Desember 2021) sampai dengan seterusnya, kemungkinan sampai tanggal 26,” tambahnya.

Atang berujar, sementara ini Dishub akan melakukan Ram Check menjelang Nataru di area Terminal Ciakar, Kabupaten Sumedang.

“Lihat dulu keadaan. Kalau memang memungkinkan dan harus melakukan kegiatan (Ram Check) di lapangan maka kita akan lakukan pemeriksaan di lapangan,” pungkas Atang.

Menurut Atang, pemeriksaan kendaraan umum secara kondisional bisa diperluas ke area terminal kecil seperti di wilayah Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang.

“Karena melakukan Ram Check perlu menggunakan alat dan sebagainya, sehingga jika dilakukan di luar cukup ribet, maka untuk sementara kita fokuskan di Terminal (Ciakar),” imbuh Atang.

“Tapi kalau memang ada tuntutan harus ada dilakukan Ram Check, kita siap dan dari jajaran provinsi juga nasional akan melakukan pemeriksaan bekerjasama dengan kita (Dishub Sumedang),” tambahnya.

Dalam pemaparannya, Atang menuturkan, untuk sasaran pemeriksaan kendaraan umum akan diutamakan kepada bus antar provinsi.

“Kalau memungkinkan nanti ternyata ada tuntutan untuk dilakukan (Ram Check) kepada kendaraan AKB (Adaptasi Kebiasan Baru), itu akan kita lakukan,” ucap Atang.

Kendati demikian, meskipun ketika melakukan Ram Check pihak Dishub siap secara kondisional, Atang menegaskan, pemeriksaan kendaraan umum sementara ini tetap diutamakan kepada bus antar provinsi. (mg5/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan