Pilih Staycation atau Vacation? Begini Kelebihan dan Kekurangannya

JAKARTA – Pilih Staycation atau vacation? Bila masih meragu memilih mana yang terbaik untuk saat ini, berikut ulasan kelebihan dan kekurangannya menurut perawat anak dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Ns. Efa Apriyanti, S.Kep., M.Sc.

Staycation tak semata bermalam di hotel tetapi sebenarnya didefinisikan sebagai berlibur di rumah atau wilayah yang berada tak jauh dari tempat tinggal.

“Ketika bicara staycation, pasti yang ada di pikiran bermalam di hotel. Padahal staycation sebenarnya definisinya berlibur di rumah atau mengunjungi area yang berada tak jauh dari lingkungan tempat tinggal kita. Jadi bisa di rumah,” katanya.

Menurut Efa, ide staycation yakni melakukan segala hal yang biasanya kita lakukan ketika melakukan perjalanan ke suatu tempat.

“Tetapi kita mencari supaya semua pengalaman yang tadinya harus kita dapatkan selama perjalanan itu kita dapatkan di dalam rumah kita sendiri,” tuturnya.

Lalu, apa kelebihan staycation? Biaya lebih murah karena bisa memangkas biaya akomodasi, biaya perjalanan yang biasanya memakan budget cukup besar dari biaya liburan.

Kemudian, persiapan yang dibutuhkan lebih sedikit. Apalagi bila membandingkannya dengan perjalanan ke luar negeri dengan musim berbeda.

Outfit-nya saja sudah harus menyesuaikan,” ucapnya.

Selain itu, Anda cenderung lebih sedikit merasa stres terkait perjalanan. Liburan bertujuan untuk membuat diri Anda lebih rileks.

Namun, terkadang ada stres yang dialami sebagai akibat dari perjalanan seperti penundaan penerbangan misalnya karena alasan cuaca ataupun kondisi kendaraan yang tak memadai.

“Perlu kita akui, walaupun tujuan liburan sebenarnya untuk rileks. Tetapi sebenarnya ada stres yang ditimbulkan dari perjalanan seperti delay, mobil mogok, anak yang mabuk kendaraan,” ujar Efa.

Di sisi lain, saat staycation, waktu yang Anda perlukan lebih pendek ketimbang vacation.

“Kalau kita bekerja di tempat yang tidak bisa mengambil cuti panjang, staycation Insya Allah bisa memberikan efek yang sama dengan the real vacation namun memakan waktu lebih pendek,” imbuhnya.

Sementara vacation, memiliki kelebihan khusus karena bisa memfasilitasi Anda untuk merasakan budaya berbeda. Menurut Efa, salah satu komponen utama liburan yang membuat tubuh merasa refresh ternyata banyaknya hal asing yang ditemui saat liburan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan