Pemda Provinsi Jabar Terus Tingkatkan Literasi Digital

BANDUNG – Pemda Provinsi Jawa Barat (Jabar) berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi digital. Komitmen tersebut terealisasikan dalam kegiatan Festival Literasi Digital Jawa Barat 2021 atau Viral 2021 di Saung Angklung Udjo dan Universitas Widyatama, Selasa (21/12).

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar Faiz Rahman menuturkan, Viral 2021 merupakan ikhtiar Jawa Barat untuk meningkatkan kesadaran dan kecakapan literasi digital sekaligus memperluas penyebaran informasi baik serta menangkal hoaks.

“Melek literasi digital adalah hal utama yang dibutuhkan agar masyarakat dapat bertransformasi dalam percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19,” kata Faiz di Kantor Diskominfo Jabar, Kota Bandung.

“Literasi digital diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat, membuat UMKM naik kelas dengan on boarding ke platform e-commerce. Sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat,” tambahnya.

Tiga kegiatan besar digelar dalam kegiatan Viral 2021 yakni workshop dan webinar, awarding, dan entertainment. Workshop tersebut berlangsung di Universitas Widyatama, sedangkan awarding dan entertainment berjalan di Saung Angklung Udjo.

Workshop tersebut dibagi menjadi lima kelas dengan jumlah peserta 30 orang per kelas. Adapun kelas dalam workshop tersebut yaitu kelas cek fakta, kelas videografis, kelas podcast, kelas copy writing, dan kelas data pribadi.

Dalam Viral 2021, akan ada tujuh awarding. Pertama, Sandikamimania Award untuk instansi penerbitan sertifikat elektronik laporan hasil terbanyak penyelenggaraan urusan persandian dan instansi komitmeten implementasi SMKI tahun 2021.

Kedua, Jabar Saber Hoaks Award untuk Warginet Saberhoax, Mitra JSH dan Apresiasi Media Saberhoax. Ketiga, KIM Award untuk lifetime achievement, pengelolaan KIM terbaik dan tokoh KIM Jabar. Keempat, Relawan TIK Award untuk Jawara Digital, Tokoh Peduli Literasi Digital dan Mitra Literasi.

Kelima, E-Government Award untuk Kawasan Desa Digital Terbaik dan Desa Digital Terbaik. Keenam, Humas Jabar Award untuk perlombaan pengelolaan media sosial di tingkat perangkat daerah, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan, desa dan pesantren di Jawa Barat.

Awarding terakhir adalah Lifetime Achievement Award untuk penghargaan dan penghormatan kepada Kelompok Informasi Masyarakat yang terus berjuang tanpa lelah menanamkan semangat literasi digital dengan terjun langsung kepada masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan