oleh

Pemda Provinsi Jabar Terus Tingkatkan Literasi Digital

BANDUNG РPemda Provinsi Jawa Barat (Jabar) berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi digital. Komitmen tersebut terealisasikan dalam kegiatan Festival Literasi Digital Jawa Barat 2021 atau Viral 2021 di Saung Angklung Udjo dan Universitas Widyatama, Selasa (21/12).

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar Faiz Rahman menuturkan, Viral 2021 merupakan ikhtiar Jawa Barat untuk meningkatkan kesadaran dan kecakapan literasi digital sekaligus memperluas penyebaran informasi baik serta menangkal hoaks.

“Melek literasi digital adalah hal utama yang dibutuhkan agar masyarakat dapat bertransformasi dalam percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19,” kata Faiz di Kantor Diskominfo Jabar, Kota Bandung.

Baca Juga:  Jelang Idul Adha, Dewan Minta Pemprov Jabar Segera Sosialisasi PMK

“Literasi digital diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat, membuat UMKM naik kelas dengan on boarding ke platform e-commerce. Sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat,” tambahnya.

Tiga kegiatan besar digelar dalam kegiatan Viral 2021 yakni workshop dan webinar, awarding, dan entertainment. Workshop tersebut berlangsung di Universitas Widyatama, sedangkan awarding dan entertainment berjalan di Saung Angklung Udjo.

Workshop tersebut dibagi menjadi lima kelas dengan jumlah peserta 30 orang per kelas. Adapun kelas dalam workshop tersebut yaitu kelas cek fakta, kelas videografis, kelas podcast, kelas copy writing, dan kelas data pribadi.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Launching KIJB di Gedung Sate

Dalam Viral 2021, akan ada tujuh awarding. Pertama, Sandikamimania Award untuk instansi penerbitan sertifikat elektronik laporan hasil terbanyak penyelenggaraan urusan persandian dan instansi komitmeten implementasi SMKI tahun 2021.

Kedua, Jabar Saber Hoaks Award untuk Warginet Saberhoax, Mitra JSH dan Apresiasi Media Saberhoax. Ketiga, KIM Award untuk lifetime achievement, pengelolaan KIM terbaik dan tokoh KIM Jabar. Keempat, Relawan TIK Award untuk Jawara Digital, Tokoh Peduli Literasi Digital dan Mitra Literasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.