“Mental First Aid Kit” Metode Belajar Anak-Anak dalam Proses Peralihan

Menyiasati hal ini, Siti pun menerapkan pendekatan secara bertahap. Dimulai dari cyber counseling melalui chat, DM, telpon ataupun videocall. Cyber counseling ini dinilai Siti sangat efektif dalam mengatasi keterbatasan di masa pandemi. Senada dengan Reneta, Siti pun berupaya menjalin komunikasi yang harmonis dengan orangtua murid. Lewat undangan untuk datang ke sekolah ataupun melalui home visit.

“Jangan lupa bahwa semua yang guru lakukan harus dikoordinasikan dengan pihak sekolah supaya kita mendapatkan support system dari kegiatan yang dilakukan. Saya punya group WAG dengan para orang tua untuk menyampaikan informasi penting dan menyapa supaya mereka merasa dekat dengan saya,” kata Siti.

Satkaara Berbagi kembali berkolaborasi dengan Rumah Guru BK menghadirkan Webinar bagi para tenaga pendidik yang tergabung dalam Komunitas Guru Satkaara Berbagi (KGSB).

Webinar yang diselelenggarakan pada Sabtu, 18 Desember 2021 melalui platform zoom ini diikuti 193 guru anggota KGSB dan mengangkat tema Mental Health First Aid (MHFA) Kit.

Tema MHFA ini dipilih berdasarkan poling nasional yang dilakukan per November 2021 kepada 106 guru ditingkat SD hingga SMA dari 20 provinsi. Poling tersebut menanyakan seputar permasalahan yang sering ditemui guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), termasuk cara mengenal dan merespon gejala kesehatan siswa dengan tepat untuk perkembangan mental yang positif. (Antara)