Puskesmas Jatinangor DTP Catat Capaian Vaksinasi 70 Persen, Kekebalan Komunal Terbentuk

SUMEDANG – Puskesmas Jatinangor DTP di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang catat capaian vaksinasi yang memuaskan.

Pasalnya, sampai sekarang Puskesmas Jatinangor DTP terus gencar menggelar vaksinasi dan antusias warga diketahui masih cukup tinggi untuk ikut berpartisipasi.

Saat dikonfirmasi, Kepala Puskesmas Jatinangor DTP, dr Ami Fitria mengatakan, secara presentase capaian vaksinasi di Jatinangor sudah menginjak angka 70 persen.

“Kita vaksin di 70 persen. Herd immunity itu targetnya ada di 70 persen, sudah terbentuk kekebalan komunal,” kata dr Ami Fitria kepada Jabar Ekspres saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/12).

Ami berujar, capaian vaksinasi di angka 70 persen merupakan target yang diharapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Bahkan tak hanya di tingkat kecamatan atau kabupaten, sebelumnya Presiden Joko Widodo pernah menekankan bahwa pada akhir 2021 pemerintah menargetkan sebanyak 70 persen masyarakat telah divaksin.

Capaian target vaksinasi covid-19 dikejar sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 serta meningkatkan ketahanan imun dengan skala yang besar atau kekebalan komunal (herd immunity).

Karenanya, Kecamatan Jatinangor termasuk wilayah dengan capaian vaksinasi warga yang sudah mencapai kekebalan komunal, sebab telah menginjak angka 70 persen.

“Masyarakat juga sudah tidak terlalu cemas untuk berobat ke puskesmas. Karena sebelumnya takut (khawatir) Covid-19. Makanya, sekarang terjadi tren peningkatan,” tutup dr Ami Fitria. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan