UPTD Puskesmas Cimanggung Catat Peningkatan Penyakit ISPA Saat Musim Hujan

SUMEDANG – UPTD Puskesmas Cimanggung catat peningkatan warga yang datang untuk melakukan pengobatan.

Diketahui, meningkatnya jumlah pasien yang berobat ke UPTD Puskesmas Cimanggung sebagian besar didasari oleh faktor musim penghujan.

Kepala UPTD Puskesmas Cimanggung, dr Iting Mursyidah Hanum melalui bagian Dokter Umum, dr Ilama Hitriyah menyampaikan, keluhan sakit yang banyak dirasakan warga ada di saluran pernafasan.

“Yang keluhkan sakit memang bertambah karena musim hujan,” kata Ilma kepada Jabar Ekspres di Puskesmas, Selasa (14/12).

Menurutnya, peningkatan jumlah warga yang datang mengeluhkan sakit tersebut karena cuaca saat ini dapat dikatakan tengah kurang baik.

“Lagi musim hujan juga, jadi keluhan-keluhan seperti sakit batuk, pilek atau demam itu pasti terjadi,” ujar Ilma.

Ilma menuturkan, dampak musim hujan terhadap imun tubuh biasanya berpengaruh pada saluran pernapasan.

“Karena banyaknya yang keluhan di ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas). Setiap pergantian cuaca dari kemarau ke musim hujan pasti banyak yang sakitnya di saluran pernapasan,” imbuhnya.

Diketahui, ISPA merupakan infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernapasan. Adapun gejala yang biasanya dirasakan seperti hidung tersumbat, pilek, batuk, demam ringan hingga sakit kepala.

Ilma menyebut jika dibandingkan dengan musim hujan tahun lalu, pasien yang mengeluhkan sakit ISPA lebih banyak pada musim hujan tahun 2021.

“Kalau dibandingkan dengan sebelum musim hujan, kunjungan dengan keluhan sakit di ISPA lumayan ada peningkatan yang signifikan,” tutup Ilma. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan