Jelang Nataru, Disdagkoperin Kota Cimahi Pastikan Kepokmas Aman

CIMAHI – Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi memastikan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 sudah aman.

Berdasarkan pantauan dari tiga pasar yang menyediakan kebutuhan pokok masyarakat yang dikelola Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar pada Disdagkoperin Kota Cimahi, semua komoditas terpantau masih tersedia.

“Kalau untuk kebutuhan pokok sejauh ini aman, termasuk untuk Natal dan Tahun Baru. Kita terus lakukan monitor di lapangan,” kata Kepala Disdagkoperind Kota Cimahi, Dadan Darmawan pada Selasa (14/12).

Ada tiga pasar tradisional yang menyediakan kebutuhan pokok masyarakat yang dikelola oleh Disdagkoperind Kota Cimahi. Yakni, Pasar Atas Baru, Pasar Cimindi dan Pasar Melong.

Sementara itu, Kepala Seksi Perdagangan pada Disdagkoperin Kota Cimahi, Eka Handayani menambahkan, untuk harga kepokmas mulai ada kenaikan. Namun, masih tergolong relatif belum ada kenaikan yang signifikan.

“Untuk stok bahan pokok sampai saat ini aman, masih mencukupi. Hal itu berdasarkan laporan dari pasar-pasar yang dikelola Pemkot Cimahi,” sebut Eka.

Dirinya memastikan, tidak ada penimbunan bahan kebutuhan pokok di Kota Cimahi, karena Disdagkoperin melakukan monitoring ke pasar-pasar tradisional dan modern secara rutin.

“Kalau penimbunan sepertinya tidak ada, dan sampai sekarang belum ada indikasi ke arah itu. Karena kita secara rutin melakukan monitoring harga semimggu 2 kali, kerjasama dengan UPTD Pasar,” terangnya.

Untuk antisipasi kenaikan harga dan meningkatnya permintaan kebutuhan pokok jelang Idul Adha, sebut dia, akan menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar tradisional Kota Cimahi.

“Sidak dilakukan untuk mengetahui stabil tidaknya harga bahan pokok, dan memastikan stok kebutuhan pokok jelang akhir tahun mencukupi,” ujarnya. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan