Majalengka Alami 29 Bencana Dalam 3 Hari, Warga Diminta Waspada

MAJALENGKABPBD Kabupaten Majalengka, mencatat, dalam tiga hari terakhir yakni terhitung dari hari Jumat (10/12) hingga hari Minggu (12/12) terdapat 29 kejadian bencana di seluruh Kabupaten Majalengka.

Bencana tersebut diantaranya tanah longsor, pohon tumbang hingga banjir, yang tersebar di 20 desa dan 10 kecamatan di Kabupaten Majalengka.

BPBD juga merekapitulasi jumlah korban terdampak secara keseluruhan yakni, 27 rumah terdampak longsor, 1 pabrik penggilingan beras rusak, 7 rumah terendam, 7 motor, 2 mobil, 1 sekolah dan areal pertanian.

Sementara rincian jumlah terdampak dimasing-masing kecamatan BPBD juga memberikan catatan, diantaranya di Kecamatan Banjaran, terdapat sepeda motor dan 2 mobil yang terdampak.

Longsor di Kecamatan Banjaran khususnya Desa Cimeong, tanah bergerak menyebabkan 1 rumah rusak karena terdampak. Namun petugas telah membersihkan material tanah yang nyaris mengubur sebagian rumah tersebut.

Di Desa Panyindangan, tanah bergerak menyebabkan kerusakan cukup serius. Terdapat 8 rumah yang mengalami kerusakan,juga 1 motor dan 2 mobil yang terdampak.

Kemudian di Desa Banjaran, terdapat 4 rumah yang terdampak. Sementara di Desa Cihaur Kecamatan Maja, terdapat 1 rumah, 6 mobil dan 1 pabrik harus tutup karena juga ikut terdampak.

Seperti diketahui, longsor di Kabupaten Majalengka juga menyebabkan sejumlah ruas jalan tertimbun matrial longsor sehingga tidak bisa dilewati. Namun petugas dengan sigap langsung membersihkannya, sehingga masalah tersebut sudah bisa diatasi.

Termasuk akses jalan penghubung dari Cikijing menuju Majalengka dan sebaliknya. (yud)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan