Diterjang Tornado, Ratusan Orang Tewas Di 6 Negara Bagian AS

JAKARTA – Ratusan orang tewas saat puluhan tornado menerjang enam negara bagian di Amerika Serikat, Jumat pekan lalu. Dan Mengakibatkan kerusakan parah dibanyak lokasi.

Keenam negara bagian yang dilewati tornado tersebut adalah Arkansas, Illinois, Indiada, Kentucky, Mississippi, Missouri, Ohio, dan Tennessee.

Menurut Pusat Prediksi Badai AS. Di Kentucky sendiri, Hantaman Tornado lebih dahyat dari negara yang lain, karena ditemukan Sebanyak 100 korban meninggal dunia hanya dari satu wilayah tersebut.

Pihak pihak menuturkan jumlah korban meninggal akan bertambah termasuk dari wilayah AS lainnya yang juga terkena dampak tornado seperti Arkansas, Illinois, Mississippi, Missouri, dan Tennessee.

Puluhan tornado mematikan ini menghancurkan hampir seluruh bangunan yang dilewatinya, termasuk sebuah pabrik lilin, kantor pemadam kebakaran, hingga kantor polisi di Kentucky.

“Sebanyak 40 orang pekerja dari pabrik lilin di Mayfield berhasil selamat, lebih dari 60 orang lainnya, masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan tersebut,” kata Gubernur Kentucky Andy Beshear dikutip Reuters, Senin (13/12/2021).

“Akan menjadi sebuah penemuan menemukan orang lain yang selamat di bawah reruntuhan ini,” sambungnya.

Beshear mengatakan, puluhan tornado ini menjadi yang paling mematikan dalam sejarah negara bagian itu.

“Kehancuran akibat tornado ini belum pernah saya lihat dalam hidup saya dan saya kesulitan mengungkapkannya dengan kata-kata. Apalagi lebih dari 100 orang hilang di Kentucky akibat ini,” ujarnya.

Beshear, 189 personel Garda Nasional telah dikerahkan untuk membantu konsultasi dan pemulihan. Upaya sebagian besar akan dilakukan di Mayfield, rumah bagi sekitar 10.000 orang di sudut barat daya negara bagian, di mana ia bertemu dengan Illinois, Missouri dan Arkansas.

Video dan foto yang diposting di media sosial menunjukkan bangunan bata di pusat kota Mayfield rata dengan tanah. Kendaraan yang terparkir di daerah itu hampir terkubur di bawah puing-puing bangunan.

Sebuah menara di gedung pengadilan Graves County yang bersejarah, juga runtuh akibat tornado dan Gereja First United Methodist rusak sebagian akibat angin puting beliung tersebut.

Tornado juga mengakibatkan pemadaman listrik massal yang dirasakan hampir 70 ribu penduduk Kentucky. Akibat bencana ini, Presiden Joe Biden mendeklarasikan status darurat untuk Kentucky. (der/sirip)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan