oleh

Ridwan Kamil Minta Guru-Guru Besar Berikan Masukan dan Nasihat

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap para guru besar yang tergabung dalam Persatuan Guru Besar Indonesia (Pergubi) Jabar menjadi penasihatnya dalam proses pengambilan keputusan.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Ridwan Kamil selepas menghadiri pelantikan pengurus Pergubi DPD Jabar, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Sabtu (11/12/21).

“Saya harap setelah pelantikan ini para profesor ini jadilah penasihat Gubernur Jabar,” ujarnya.

Menurut Ridwan Kamil, sapaan akrabnya, kualitas seorang pemimpin datang dari keputusannya. Apabila tiap hari pemimpin mengambil keputusan baik maka bisa disebut pemimpin berkualitas. Sebaliknya jika keputusannya buruk maka akumulasinya adalah pemimpin yang buruk.

“Jadi kualitas pemimpin itu datang dari keputusannya,” ucap Kang Emil.

Untuk menjadi pemimpin baik tersebut, Kang Emil mengaku butuh nasihat dan masukan, salah satunya dari guru besar.

Hal ini juga sebagai perwujudan dari visi Jabar juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi, di mana akademisi ada dalam salah satu unsur kolaborasi pentaheliks ABCGM (akademisi, bisnis, community, government, media).

“Kami butuh nasihat,” katanya.

Gubernur menuturkan, prinsip kepemimpinan yang ia pegang adalah good data good decision, bad data bad decision, no data no decision.

Data yang baik akan berpengaruh kepada baiknya keputusan, begitu pun sebaliknya. Data tersebut salah diperoleh dari pemikiran para guru besar.

“Karena itu saya menyadari pentingnya peran ilmu dalam mengambil keputusan,” ujar Gubernur. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga