Koki Oranda Panda, Ikan Unik Harga Selangit

Bagi yang menggunakan air PDAM, wajib mengendapkannya minimal 1×24 jam sebelum digunakan. ”Sama airnya ditambah oxygenic untuk membantu produksi bakteri baik,’’ katanya.

Komposisi jumlah ikan dan luas kolam atau akuarium juga harus diperhatikan. Jika populasinya terlalu padat, bisa berdampak buruk. Apalagi bila penggantian air tidak dilakukan secara disiplin. ”Kalau filternya standar, water change (penggantian air, Red) maksimal tiga minggu sekali. Diganti 30 persen saja,” kata Seno.

Penyakit yang jamak menyerang koki adalah kutu dan white spot. Untuk kutu, bisa disembuhkan secara manual. Caranya, mengambil kutu dengan pinset. Atau, jika ingin lebih praktis, Seno menyarankan pencinta koki oranda panda untuk menambah ikan manfish atau ikan layang-layang sebagai tankmate.

”Kadang ada juga yang pakai ikan sapu-sapu. Tapi, saya tidak merekomendasikan. Soalnya kadang malah makan mata koki,” ungkapnya.

Terakhir untuk pakan. Koki oranda panda mempunyai makan alami berupa cacing. Namun, jika ingin simpel dan punya komposisi kandungan gizi yang cukup, penghobi bisa menggunakan MB Food. (JP)

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan