Republik Ceko Buka Peluang Indonesia untuk Kerjasama dengan Negara Eropa Tengah

JAKARTA –  Republik Ceko membuka peluang kerjasama Indonesia dengan negara-negara eropa memiliki peluang besar untuk diperluas diberbagai bidang. khususnya  untuk kawasan Visegrad di Eropa Tengah.

Hal ini terungkap ketika Wakil Meneteri Luar Negeri Republik Ceko Y.M Martin Tlapa bertemu langsung dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Selasa, (7/12) lalu.

Menurut Menko Airlangga, salah satu yang menjadi perhatian kedua negara adalah pentingnya untuk segera mempercepat penyelesaian perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) yang telah memasuki putaran ke-11.

‘’Dengan adanya CEPA, diharapkan perdagangan dan investasi Indonesia dengan negara negara di kawasan Uni Eropa (UE) akan semakin meningkat,’’kata Menko Airlangga dalam keterangannya, Jumat (10/12)

Rencananya Republik Ceko akan mengawal dan mendorong agar perjanjian CEPA tersebut dapat segera difinalisasi. Terlebih pada saat Ceko memegang Presidensi UE pada paruh kedua di 2022 dan Indonesia memegang Presidensi G20 di tahun yang sama.

Kesepakatan ini akan memberikan sinyal positif pada komunitas internasional dan turut mendorong dalam upaya menuju global economic recovery di masa post pandemi.

Di samping isu perdagangan, keduanya juga mengidentifikasi beberapa potensi kerjasama investasi yang dapat dikerjasamakan.

Beberapa area kerjasama yang diidentifikasi dan akan di dorong ke depan adalah kerjasama kesehatan. Khususnya untuk obat-obatan terapeutik, riset dan teknologi pendeteksian virus dan mobile hospitals, renewable energy (hydro energy).

Digitalisasi ekonomi termasuk pengamanan cyber dan kerjasama alutsista juga dibicarakan dan menjadi peluang besar bagi flagship kedua negara.

Kerja sama perdagangan dan investasi kedua negara harus mulai dilaksanakan beyond defence cooperation, mengingat kerjasama pertahanan dan pengadaan alutsista Indonesia merupakan flagship kerjasama kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, Republik Ceko berjanji akan mempelajari kebutuhan Indonesia dan menyatakan kesiapan untuk mengundang expert visit dari Indonesia ke Ceko.

‘’Kami memiliki dan mempelajari berbagai keunggulan expertise dan teknologi yang telah diadopsi di berbagai sektor,’’kata Y.M Martin.

Selain membahas peluang kerjasama perdagangan dan investasi, keduanya juga membicarakan berbagai perkembangan di kawasan dan global yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan