Amazon Resmi Tutup Alexa.com Per 1 Mei 2022

Pada 1 Mei 2022 Amazon berencana akan menutup portal peringkat rating website Alexa.com secara resmi.

Kabar mengejutkan tersebut, diduga karena alexa.com mengalami penurunan popularitas secara drastis.

Situs peringkat yang banyak digunakan sebagai acuan website itu telah hadir selama 25 tahun. Namun, pihak Alexa sendiri tidak menyebutkan alasan penutupan itu.

Selain menyediakan layanan peringkat website, Alexa.com juga diketahui menyediakan tools analisa SEO dan pesaing dengan berlangganan berbayar.

Alexa juga telah mengumumkan penutupan itu dalam laman Supportnya. Perusahaan mengatakan akan menutup layanan pada 1 Mei 2022 mendatang.

“Dua puluh lima tahun lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau dan mengkonversi audiens digital Anda, kami membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022,” kata tim Alexa.

Untuk layanan berlangganan sendiri,  Alexa juga telah menghentikan per 8 Desember 2021 UTC. Untuk pengguna yang sudah berlangganan masih bisa hingga 1 Mei 2022. Tagihan langganan terakhir adalah 1 April 2022 UTC.

“Konsumen masih akan terus memiliki akses ke Alexa.com hingga 1 Mei 2022 UTC,” ucap Alexa dalam keterangannya.

Sejauh ini layanan Alexa.com sering digunakan berbagai website sebagai tolak ukur tingkat capaian peringkat rangking dan untuk menunjukan kualitas websitenya.

Alexa juga sudah menghentikan penggunaan API per 8 Desember 2022 mendatang. Selain itu perusahaan menawarkan mengeksport data untuk pengguna layanan tersebut. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan