205 Penari Jaipong Unjuk Kebolehan di Final Galuh Pakuan Cup Seri V Tingkat Nasional

BANDUNG –  Grand Final Festival Tari Jaipong Kreasi Galuh Pakuan Cup Seri V Tingkat nasional resmi digelar pada Selesa (7/12) di Auditorium RRI, Jalan Diponegoro Kota Bandung.

Ketua Penyelenggara Acara Novianti Mauliani mengatakan, Grand Final Festival Tari Jaipong Kreasi Galuh Pakuan Cup Seri ke V kali ini dilaksanakan di Kota Bandung. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang di gelar di Kabupaten Subang.

Dia mengatakan, antusisme para peserta lomba Tari Jaipong Kreasi Galuh Pakuan Cup Seri ke V sangat luar biasa dengan jumlah peserta 1.035 orang.

‘’Total jumlah penari sebanyak 2.853 dari yang datang dari seluruh Indonesia,’’ucap Novi Ketika ditemui Jabarekspres.com, Selasa, (7/12).

Kemudian setelah itu para peserta mengikuti seleksi yang digelar secara virtual. dari total peserta yang masuk seleksi ada sebanyak 105 peserta yang masuk babak Grand Final saat ini.

“Jadi dari 1.035 peserta di babak penyisihan digelar selama 40 hari dengan live streaming youtube, tersaring lah 105 peserta dengan total 205 penari yang hari ini masuk babak final,” kata Novi.

Dari beberapa kategori, pihak panitia telah mengambil sebanyak 10 persen peserta untuk diadu kreativitas tari jaiponya pada ajang final itu.

“10 persennya dari tiap kategori, seperti kategori tunggal pemula, itu ada 116 peserta berarti 16 peserta yang masuk finalnya,” ujarnya.

Pihak panitia juga telah menyediakan hadiah dengan total Rp 200 juta yang akan dibagi untuk beberapa kategori Lomba Tari Jaipong Kreasi Galuh Pakuan Cup Seri ke V ini,

Selain itu, Para pemenang lomba juga akan mendapatkan Piala dan sertifikat dari Praja Lembaga Adat Keratuan Galuh Pakuan yang di tandatangani oleh Dirjen kebudayaan, Dirjen Aptika Kemkom RI.

‘’Nanti kita akan lihat siapa yang akan jadi juara dari ajang Lomba bergensi tingkkat nasional Tari Jaipong Kreasi Galuh Pakuan Cup Seri ke V ini, mohon doanya semoga lomba berjalan lancer dan sukses,’’pungkas Novi. (san/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan