Banyak Memiliki Heritage, Cimahi Jadi Kota Wisata Militer

CIMAHI – Kota Cimahi atau disebut Kota Wisata Militer memiliki dua bangunan heritage yang akan difungsikan menjadi tempat wisata, kedua tempat tersebut yakni Lembaga Pemasyarakatan Militer Poncol dan Rumah Sakit Dustira.

Tempat Lembaga Pemasyarakatan Militer (Masmil) Poncol dan RS Dustira secara resmi dibuka oleh Pelaksana Tugas Wali Kota Cimahi Ngatiyana pada Kamis (2/12). Dan ditetapkan sebagai Kota Wisata Militer.

Ngatiyana mengatakan, Pemkot Cimahi merasa gembira karena memiliki dua bangunan heritage yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya yang wajib dilestarikan untuk edukasi.

“Alhamdulillah tahun ini ada dua bangunan cagar budaya yang ditetapkan yaitu Masmil Poncol serta RS Dustira,” ujar Ngatiyana di Masmil Poncol, Kamis (2/12).

Menurutnya, ketika bangunan tersebut sudah ditetapkan sebagai heritage dan cagar budaya, maka dari itu pemerintah kota diwajibkan melakukan pemeliharaan terhadap bangunan tersebut.

Dia menyebut, Kota Cimahi memiliki keunikan dibanding daerah lain, yang dimana Kota Cimahi pada awalnya adalah pusat kota militer yang dibentuk sejak tahun 1887.

Disepanjang jalan Gatot Subroto Kota Cimahi banyak terdapat bangunan-bangunan peninggalan jaman Belanda yang masih difungsikan sebagai kantor militer.

Selain itu, banyak juga bangunan-bangunan yang keberadaannya membutuhkan perhatian atau diperbaiki oleh Pemkot Cimahi. Sebab memiliki nilai sejarah.

Hal tersebut, membuat Kota Cimahi dikenal sebagai Garnisun Militer dan saat ini bertransformasi menjadi pusat pendidikan militer.

“Sehingga hadirnya heritage ini akan menjadikan Cimahi sebagai destinasi wisata edukasi,” ungkapnya. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan