Menjaga Imunitas Selama Musim Penghujan

Bagaimana menjaga Imunitas tubuh, di tengah musim penghujan dengan intensitas curah hujan tinggi seperti saat ini ?. Apalagi kelembaban udara berpotensi membawa banyak bibit penyakit. Pergantian musim kemarau ke musim penghujan, juga membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan.

Ditambah lagi di masa pandemi yang belum juga usai, menjaga daya tahan tubuh adalah modal dasar kita terhindar dari virus. Karenanya tubuh harus memiliki imunitas agar senantiasa sehat walau memasuki musim penghujan.

Berikut tips untuk menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga, meski harus tetap beraktifitas ditengah cuaca ekstrem.

Selalu siapkan payung atau jas hujan
Kita tidak pernah bisa memprediksi cuaca, meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, tidak akan tahu cuaca sore hari. Bisa jadi terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan hari itu.

Minum air bersih
Banyak minum air putih akan membantu detoks tubuh dari racun, juga menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Pastikan bahwa air bersih dan matang.

Konsumsi makanan sehat
Tubuh membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Perbanyak konsumsi makanan dengan protein tinggi dan serat. Bukan hanya makanan yang asal kenyang dan enak.

Tambah Asupan Vitamin C
Tingkatkan asupan Vitamin C, baik dalam bentuk suplemen atau alami. Karena vitamin C efektif mencegah berbagai macam virus. Kandungan vitamin C yang baik ada pada jeruk, gojiberry, ceri, kiwi, dan bawang putih sebagai obat yang umum untuk mengatasi flu dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Cuci tangan dengan sabun
Cuci tangan saat sebelum menyentuh makanan, pastikan untuk mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir. Pastikan kamu tidak menyentuh mata, hidung, atau telinga sebelum mencuci tangan dengan bersih. Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun.

Jaga kebersihan lingkungan
Bersihkan rumah dan lingkungan sekitar  agar mencegah penyakit bersarang.

Mandi setelah kehujanan
Mandi setelah kehujanan dapat membantu mengusir banyak infeksi. Saat mandi, tambahkan beberapa tetes antiseptic ke dalam bak air untuk menghilangkan kuman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan