Industri Hasil Tembakau Miliki Peran Strategis untuk Pendapatan Negara

JAKARTA – Keberadaan Industri tembakau memiliki peran penting dalam kelanjutan pembangunan di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini Industri Tembakau memiliki ekspansi investasi, penyediaan lapangan usaha dari hulu ke hilir, penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan bahan baku dalam negeri serta kontribusi cukai pendapatan negara.

Menurtnya, saat ini, kinerja industri hasil tembakau di Indonesia mencatatkan kontribusi terhadap APBN pada tahun 2020 sebesar 10,11%.

Penerimaan cukai sepanjang tahun 2020 mencapai 205,68 triliun rupiah dengan proporsi terbesar Cukai sebesar 170,24 triliun rupiah atau naik sebesar 3,24%.

‘’Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan mencatat produksi rokok pernah terjadi mengalami tren penurunan dari tahun 2016 sampai denga 2018,’’ujar Menko Airlangga dalam keterangannya, Selasa, (30/11).

Angka produksi terendah terjadi pada tahun 2018 yang tercatat sebesar 332 miliar batang. Pada periode Januari sampai dengan September.

Industri rokok berdasarkan jenisnya pada tahun 2021 mengalami total kenaikan produksi secara tahunan sebesar 4,3% atau di angka 235,9 miliar batang.

Kontribusi industri hasil tembakau terhadap ekspor memiliki nilai yang positif dimana ekspor cenderung meningkat.

Namun di masa pandemi ini, kinerja ekspor industri hasil tembakau pada tahun 2020 mengalami sedikit penurunan dari periode sebelumnya sebesar 3,96%.

Sementara untuk Produk Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) seperti rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan merupakan hasil dari pengembangan inovasi serta teknologi.

Inovasi ini telah digunakan di sejumlah negara sebagai strategi alternatif untuk membantu perokok untuk beralih ke produk tembakau yang lebih rendah risiko.

‘’Untuk industri tembakau kemitraan dengan para petani tembakau atau petani cengkeh harus tetap dijaga. Dengan begitu kesejahteraan para petani jadi meningkat,’’pungkas Airlangga. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan