Tips Meraih Rasa Sayang Anak Dengan Memberikan Reward

SURABAYA – Seorang anak pastilah memiliki rasa sayang kepada orang tuanya, namun bisa jadi perlakukan orang tuanya yang kurang peduli atau mengacuhkannya dan tak pernah memberikan reward bisa membuat anak kesal dan mempertanyakan rasa sayangnya.

Psikolog anak, Elisabeth Santoso dalam salah satu acara talk show mengingatkan kepada para orang tua, untuk selalu memberikan reward pada anak ketika mereka melakukan suatu pencapaian sekecil apapun itu. Hal ini sangat penting untuk perkembangan psikologis anak.

“Bentuk rewardnya, enggak harus berupa mainan atau hadiah barang,” ujarnya. Para orang tua, lanjutnya, bisa memberikan reward dalam bentuk pujian kepada anak. Hal itu dilakukan untuk membuat diri mereka merasa disayangi dan bangga.

Dengan begitu, anak-anak akan lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik lagi. Juga menumbuhkan rasa percaya diri pada anak karena menjadi kebanggaan bagi orang tuanya. Selain itu anak yang sering mendapat reward akan lebih perhatian terhadap sekitarnya, terutama pada orang tuanya.

Elisabeth juga merekomendasikan waktu yang tepat untuk memberikan pujian kepada anak, yakni ketika mereka ingin beranjak tidur, atau selesai melakukkan keberhasilan.

“Gunakan lima jari untuk memberikan pujian-pujian kepada anak! Contohnya, ‘hari ini kamu pintar melakukan ini dan itu’. Cara tersebut bisa dilakukan setiap hari,” katanya.

Selain barang dan pujian, orang tua juga bisa memberikan reward, berupa menambah waktu bermain kepada anak-anak. (mcr23/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan