Peringati Hari Bakti PU ke-76 dan HMPI, Dinas PUPR dan Dinas Kehutanan Jabar Gelar Penanaman Pohon di KBB

BANDUNG BARAT – Dinas PUPR dan Dinas Kehutanan Jawa Barat menggelar kegiatan menanam pohon nasional dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-76 dan Hari Menanam Pohon Indonesia.

Dalam agenda tersebut dihadiri Oleh Forkompimda Jawa Barat diantatanya Perwakilan DPRD Provinsi Jawa Barat, Plt Asisten Daerah Provinsi Jawa Barat, Perwakilan Kepolisian Daerah Jawa Barat, Kepala Dinas Pupr Jawa Barat, Kepala Dinas Hutan Jawa Barat, dan para kepala bagian di wilayah Provinsi Jawa Barat, serta Pimpinan PT Sicepat Expres.

Dalam agenda tersebut Boy Imam Nugraha selaku Kepala Dinas PUPR Jawa Barat menyampaikan pendapat melalui sambutannya.

“Bahwa 3 Desember merupakan hari bakti pekerjaan umum, dan ini merupakan salah satu program untuk memperingati hari tersebut, dimulai dari agenda bakti sosial, donor darah, menanam pohon dalam rangka gerakan nasional pemulihan daerah aliran sungai, melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu menberikan kebermanfaatan bagi masyarakat, ” ujarnya.

Adapun dalam sambutan lainnya yang dipaparkan oleh Epi Kustiawan selaku Kepala Dinas Hutan Jawa Barat menyampaikan maksud dan Tujuan dari adanya Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Sungai (GNPDAS).

“Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Sungai (GNPDAS)  ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam memulihkan hutan dan lahan untuk penyelamatan sumberdaya air, produktivitas lahan, perubahan iklim dan pencegahan bencana hidrometeorologi
Pemulihan DAS menjadi tanggung jawab semua pihak, oleh karena itu, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat berkolaborasi secara penta helix bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Badan Usaha, Perguruan Tinggi, Media, Swasta, Organisasi Masyarakat serta masyarakat melaksanakan pemulihan DAS melalui penanganan lahan kritis baik secara vegetatif maupun pembuatan bangunan konservasi tanah dan air,” ucapnya.

Dalam pemaparannya, Epi menjelaskan bahwa Dinas Kehutanan Jawa Barat sudah menanam 46,6 juta pohon di Jawa Barat dan akan terus bertambah sebagai bentuk optimalisasi penangan Daerah Aliran Sungai (DAS).

” Bapak dan Ibu yang terhormat, dalam kesempatan ini kami laporkan sampai dengan saat ini telah diterima kontribusi bibit tanaman sebanyak 45.563.405 batang, dan nantinya 50 juta bibit pohon akan tercapai pada bulan desember nanti, diperkirakan 60-70 juta pohon akan dapat tercapai di bulan desember,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan