Pemkot Bandung Optimis Bisa Selesaikan Target Vaksinasi Akhir Tahun 2021

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung makin optimis bisa selesaikan target capaian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat pada Desember 2021.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna, hingga saat ini, vaksinasi kepada masyarakat untuk dosis pertama telah mencapai 98 persen dari total yang ditargetkan sebanyak 1.952.358 orang.

Dengan capaian vaksinasi Covid-19 tersebut, Ema mengklaim, saat ini Kota Bandung bisa mencapai kekebalan kelompok sesegera mungkin.

“Di Bandung mudah-mudahan sudah terukur herd immunitynya. Vaksin juga sudah mendekati 98 persen untuk dosis satu. Jadi kalau bicara kuantitas kita juara,” ujarnya, Sabtu (27/11).

Selain itu, Ema juga mengungkapkan, vaksinasi dosis kedua kini sudah berada di angka 85 persen, dengan 1.667.310 orang yang sudah mendapatkan vaksin.

“Dosis dua juga kita mendekati 85 persen, makanya saya optimis di akhir tahun (2021) dosis kedua (Vaksinasi Covid-19) itu selesai,” ucapnya.

Sementara itu, menurut Ema, wilayah aglomerasi Bandung Raya juga harus turut sigap dan mempercepat vaksinasi kepada masyarakat, sebagai upaya bersama dalam penanganan pandemi Covid-19.

Sebab, mobilitas masyarakat di wilayah aglomerasi Bandung Raya masih terbilang tinggi. Mobilitas masyarakat antardaerah tersebut dapat berpengaruh dalam penyebaran Covid-19.

“Kita tidak pernah mengharapkan adanya gelombang tiga. Kalau itu sudah clear (Capaian vaksinasi) wilayah aglomerasi juga harus sama. Karena kalau tidak kan masyarakat masih lalu lalang dari sini (Kota Bandung) ke sana (luar Kota Bandung),” imbuhnya.

Dari data yang dihimpun di halaman bandung.go.id, vaksinasi dosis pertama Kota Bandung sudah berada di angka 1.904.539 atau 97,55 persen. Sedangkan untuk dosis kedua kini berada di angka 1.667.310 atau 85.40 persen.

(Mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan