Ngatiyana Beri Kejutan Kepada Seorang Guru di Kota Cimahi

CIMAHI – Suasana haru masih terasa saat upacara peringatan Hari Guru Nasional tingkat Kota Cimahi di Lapangan Pemkot Cimahi pada Kamis (25/11) kemarin. Para guru di Kota Cimahi yang hadir mendapat satu tangkai bunga dari siswanya sebagai apresiasi atas jasa dan perjuangan guru terhadap mereka.

Salah satunya adalah seorang guru di SMPN 2 Cimahi, Bernadetta Dwi Retnosusilo, 61. Wanita yang disapa akrab Retno tinggal menghitung hari akan memasuki masa pensiun.

Pada saat upacara, tiba-tiba dia mendadak diberi buket bunga oleh muridnya, sambil diajak maju ke tengah lapangan upacara diiringi lagu Hymne Guru.

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana beserta istri Midjiati Ningsih Ngatiyana turut kasih kejutan dengan memberi kue tart kepada Retno. Rasa haru serta tangis bahagia terlihat dari wajah Retno.

“Saya disuruh hadir karena katanya yang pensiun mau dikasih penghargaan. Saya sebetulnya sudah terharu ketika lagu hymne guru dinyanyikan. Tidak nyangka, ternyata saya diajak ke depan dapat kejutan seperti ini. Termehek-mehek lah jadinya, sangat terharu. Terima kasih sangat atas apresiasi ini,” ujar Retno, saat ditemui di Pemkot Cimahi baru-baru ini.

Selama 36 tahun 9 bulan, Retno berprofesi menjadi seorang guru. Terakhir, dia bertugas di SMPN 2 Cimahi mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Kepala Perpustakaan.

“Saya mau pensiun 5 hari lagi, seketika teringat perjalanan mengajar 36 tahun lebih lamanya. Saya lahir dari keluarga guru, orangtua adik kakak, bahkan keluarga besar guru,” ucapnya.

Retno mengatakan akan merindukan sosoknya ketika dia menjadi guru, meskipun di mata para murid-muridnya selama dia mengajar kadang galak tetapi para murid-muridnya akan merindukan dan mencari sosok Retno.

Walaupun sudah pensiun nanti, Retno berharap, dia tetap bisa berbagi ilmunya walau sudah tidak lagi mengajar di sekolah.

“Akan sangat merindukan jadi guru, terutama anak-anak murid yang lucu. Walau bagaimana pun mengajar kadang galak, tapi mereka tetap mencari saya. Doakan saya tetap bisa berbagi ilmu, meski sudah tidak mengajar di sekolah,” ucapnya. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan