Puluhan Puskesmas di Depok Sedang Dinilai Komponen Penunjangnya

DEPOK – Puluhan Puskesmas di Depok sedang dinilai komponen penunjangnya oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Depok, Enny Ekasari menyebutkan, sejumlah komponen pendukung Puskesmas di Kota tersebut yang masuk penilaian itu antara lain inovasi Puskesmas, tata kelola mutu pelayanan kesehatan, dan manajemen Puskesmas.

“Adapun penilaian dilakukan pada 38 puskesmas yang ada di Kota Depok. Tujuan dari penilaian ini tidak lain untuk menetapkan puskesmas berprestasi di Kota Depok,” katanya.

Enny menjelaskan, dari penilaian tersebut, berikutnya akan dilakukan penyaringan bagi 10 besar. Puskesmas-puskesmas yang yang lolos 10 besar ini kemudian akan dilakukan verifikasi langsung oleh tim penilai.

“Sudah sebanyak 38 Puskesmas yang masuk penilaian dan nantinya akan disaring 10 besar. Setelah dilanjutkan dengan tahap verifikasi,” imbuhnya.

Dia lebih lanjut menuturkan, dari sepuluh besar tersebut, tim penilai kemudian memilih tiga besar untuk ditetapkan menjadi puskesmas berprestasi.

Dikatakan, proses penilaian sudah berjalan sejak bulan ini (November) dan akan terus berlanjut sampai bulan Desember mendatang.

Selain itu, ungkap dia, pihaknya juga akan menggelar penilaian khusus terkait pelaksanaan 5R di masing-masing Puskesmas.

“Adapun 5R yang dimaksud yakni, rajin, rapi, ringkas, resik dan rapat,” pungkasnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan