Kegiatan MTQ XXII Depok 2021 Akan Dimulai Besok

DEPOK – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXII Kota Depok Tahun 2021 akan digelar mulai besok tanggal 24 November 2021. Kegiatan yang dijadwalkan selama tiga hari itu berlokasi di wilayah Kecamatan Limo.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Depok, Sri Utomo menjelaskan, lomba MTQ kali ini akan berlangsung berbeda lantaran pelaksanaannya yang super ketat, sebab harus menyesuaikan dengan aturan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Penyelenggaraan kegiatan MTQ XXII Kota Depok Tahun 2021 ini disesuaikan dengan aturan AKB. Di mana pelaksanaan acara disesuaikan pada penerapan protokol kesehatan (prokes). Untuk itu, pemanfaatan sarana media sosial atau media online menjadi prioritas,” katanya.

Menurutnya, pada masa pandemi Covid-19 ini, sebagaimana lazimnya penyelenggaraan kegiatan yang harus mematuhi prokes, maka pelaksanaan MTQ dengan AKB pun tidak jauh berbeda.

“Meski begitu, penyelenggaraan MTQ kali ini memiliki kekhasannya sendiri. Sebab terdapat beberapa ciri seperti prinsip, massa, dan ruangan arena,” ujarnya.

Di melanjutkan, secara prinsip, kegiatan akan tetap mengedepankan kewaspadaan bahaya Covid-19, keselamatan, kesehatan, kebermanfaatan dan keberlangsungan.

“Sementara, terkait massa aturan yang berlaku ialah tidak ada pengerahan maupun pengundangan kehadiran massa yang berjumlah kolosal (banyak). Selain itu, pengaturan jarak antar kursi juga akan diatur secara ketat,” imbuhnya.

Dikatakan, MTQ kali ini akan mempertandingkan sebanyak tujuh cabang lomba. Adapun, ketujuh cabang lomba tersebut meliputi Tilawatil, Tahfidz, Tafsir, Fahmil, Syarhil, Khattil dan menulis ilmiah Al-Quran.

Selanjutnya, masih menurut dia, untuk masing-masing cabang lomba memiliki rincian golongan peserta dan ketentuannya. Misalnya pada cabang lomba Tilawatil terdapat delapan golongan, mulai dari golongan tartiil, anak-anak, remaja, dewasa, disabilitas netra, Qiraat Al-Quran Mujawwad Dewasa, Qiraat Al-Quran Murottal Dewasa dan juga Qiraat Al-Quran Murottal Remaja. (mg2)

Tinggalkan Balasan