Dukung UMKM, Desainer Poppy Dharsono Promosikan Fashion Lokal ke Italia

JAKARTA – Desainer fashion, dari Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono, menunjukkan dukungannya, terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal di bidang fashion. Dengan gencar mempromosikan produk UMKM hingga ke Italia.

“Insan kreatif seperti seniman, berperan penting dalam melestarikan sejarah. Memupuk keragaman budaya, ras dan warisan budaya. Hingga memiliki kemampuan untuk menyatukan masyarakat, dan membangun komunitas,” jelas Poppy kepada wartawan, Senin (22/11).

Poppy mengatakan, seni budaya memainkan peran penting dalam membantu individu dan negara membentuk identitas dan karakter bangsa. Kreativitas dapat membuka cakrawala berpikir, memperluas wawasan, sekaligus mendukung kewirausahaan, dan meningkatkan nilai keekonomian.

Atas usahanya tersebut, kini UMKM fashion lokal juga mendapat perhatian dari Duta Besar Indonesia untuk Italia dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN).

Menurutnya, kolaborasi antara Indonesia dan Italia memiliki waktu yang tepat, yang secara tidak sengaja berbarengan dengan agenda kegiatan G-20. Visi dan misi ini sangat selaras dengan tujuan pemerintah Indonesia di kancah G20.

“Landasan niat kami kuat, yakni untuk mendukung para pelaku usaha kecil menengah dari industri kreatif yang bergerak di bidang fashion,” jelas Poppy.

Kolaborasi antara LaSalle College Jakarta dan Koefia International Academy of Fashion Rome ini,  dapat menjawab kebutuhan pendidikan. Guna mempersiapkan generasi muda yang dapat menghasilkan produk kreatif, yang berkualitas dan berkiprah di dunia mode Internasional di masa depan.

Fokus kerja samanya pada industri kulit dari Italia, bekerja sama dengan La Sapienza. Kulit Indonesia sudah memiliki kualitas yang cukup baik, namun butuh panduan yang tepat agar dapat mencapai standar internasional.

APPMI juga memiliki brand ambassador Alessio Specolizzi di Roma, yang dapat membantu  untuk memperkuat persahabatan, kolaborasi ekonomi dan pertukaran budaya. Dengan mendukung usaha kecil menengah Indonesia dari industri kreatif, hingga mampu memamerkan produk mereka ke pasar Italia.

“Italia adalah negara yang sangat menginspirasi saya sejak usia muda, dan saya sangat senang bisa berada di sini lagi, setelah sekian lama pembatasan akibat pandemi. Terlebih lagi dalam situasi ini, kita bersama mampu menciptakan kemitraan yang membuat saya sangat bersemangat,” jelas Poppy.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan