Literasi Digital Netizen Fair 2021 Besok, Dibuka di Kota Bandung

BANDUNG – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) besok (23/11) akan menggelar puncak acara Program Literasi Digital Netizen Fair 2021.

Program Literasi Digital Nitizen Fair 2021 secara serentak dilaksanakan secara hybrid di berbagai Kota/Kabupaten dan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 23-24 November 2021.

Program Literasi Digital tingkat nasional ini akan menyasar 12,5 juta juta masyarakat di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia.

Program ini, digelar melalui berbagai kelas, lokakarya, serta seminar baik secara luring maupun daring.

Program Literasi Digital mencakup empat pilar literasi di antaranya Kecakapan Digital, Keamanan Digital; Etika Digital; serta Budaya Digital.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya program literasi digital Nitizen Fair 2021 adalah untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital.

“Berbagai fondasi yang dapat memfasilitasi transformasi digital, mulai dari infrastruktur, aplikasi, regulasi, tata kelola, hingga pengembangan teknologi penunjang. Namun semua ini kuncinya ada pada SDM digital,” tutur Semuel Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo dalam keterangan rilisnya.

Untuk memperkuat kapasitas talenta digital dan mewujudkan masyarakat Indonesia cakap digital, berbagai kegiatan seperti talkshow serta kelas interaktif akan membahas empat Pilar Literasi Digital.

Literasi Digital Netizen Fair 2021 di Kota Bandung Jawa Barat

Sementara itu untuk Program Literasi Digital Nasional dalam bentuk Nitizen Fair 2021 ini akan berlangsung juga di Kota Bandung Pada Selesa 23 – 24 November di Gedung Graha Manggala Siliwangi mulai pukul 13.00 – 18.00 WIB.

Warga Kota Bandung Jawa Barat juga dapat mengikuti kegiatan secara daring setelah melakukan pendaftaran untuk mendapatkan link Zoom kegiatan.

Adapun tema-tema yang akan diangkat dalam kegiatan ini adalah Kelas Membuat Konten Kreatif, Kelas Membuat Podcast, serta rangkaian talkshow yang membahas tentang empat pilar literasi digital.

Melalui kelas-kelas yang ada peserta akan diajarkan mengenai seluk beluk pembuatan konten kreatif dan podcast, serta akan menadapat pemahaman mengenai empat pilar literasi digital.

Kegiatan ini juga menghadirkan berbagai narasumber yang memiliki keahlian di bidang literasi digital, seperti Kepala Dinas Kominfo Kota Bandung Yayan Birlyana, praktisi Rio Silaen yang akan memberikan paparan mengenai “Mengenal Lanskap Digital” serta Ahmad Romzi dan Enda yang akan berbagi pengetahuan tentang “Netiket Masyarakat Digital” di hari pertama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan