Moeldoko Diusir Massa di Aksi Kamisan, Begini Responnya

JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko diusir massa di Seruan Aksi Kamisan di Semarang pada Kamis (18/11) kemarin. Moeldoko pun menjelaskan alasan dirinya mendatangi massa aksi massa tersebut.

Menurut Moeldoko, kala itu dirinya mendapatkan laporan dari Wali Kota Semarang Hendar Prihadi bahwa sedang ada aksi. Demo itu adalah yang menyuarakan persoalan hak asasi manusia (HAM). Sehingga, dia memutuskan untuk menemui para peserta aksi dengan didampingi oleh Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara dan Wali Kota Semarang Hendar Prihadi.

“Intinya adalah saya ingin memahami apa yang sedang dia sampaikan kepada pemerintah atas berbagai persoalan tentang masa lalu. Saya datang ke sana untuk melihat berbagai spanduknya. Terus saya mencoba untuk berbicara dengan mereka. Tapi berbagai suara dari mereka tidak menginginkan atas apa yang disampaikan,” ujar Moeldoko kepada wartawan, Jumat (19/11).

Moeldoko tidak mempermasalahkan dirinya diusir oleh massa peserta aksi. Baginya, hal itu hanya sesuatu yang biasa. Kendati demikian, dirinya simpati dan peduli terhadap unjuk rasa massa Aksi Kamisan tersebut.

“Bagi saya itu sesuatu yang biasa. Saya menghormati dan menghargai apa yang sudah dia sampaikan. Untuk itu, saya beserta rombongan meninggalkan tempat,” katanya.

“Pertanyaannya kenapa saya datang? Kan begitu. Itulah sebuah wujud kalau kami datang untuk melihat dan mendengarkan,” tambahnya.

Mantan Panglima TNI tersebut menuturkan, pemerintah tidak pernah lari dari persoalan mengenai HAM. Pemerintah tetap berusaha untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kejahatan HAM.

“Saya ingin juga menegaskan bahwa pemerintah sama sekali tidak menghindar dari persoalan HAM. Tidak menutup mata dan telinga, tapi tetap memberi kepedulian untuk menyelesaikan persoalan-persoalan itu,” ungkapnya.

Sebelumnya, massa Aksi Kamisan Semarang mengunggah video aksi di depan Hotel Paragon, Kamis (18/11). Dalam video itu, mereka mengusir KSP Moeldoko dan sejumlah pejabat yang datang.

Massa aksi merasa kecewa terhadap pemerintah yang mengabaikan persoalan HAM selama ini. Mereka enggan memberi panggung bagi orang-orang yang tidak menyelesaikan persoalan HAM, meski punya kewenangan untuk melakukannya.

“Ini panggung rakyat, pelanggar HAM tidak boleh dikasih ruang,” ungkap salah satu massa aksi dalam video yang diunggah tersebut. (jawapos)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan