Gerhana Bulan Sebagian Akan Terjadi Malam Ini, Warga Dihimbau Salat dengan Prokes

JAKARTA – Berdasarkan data astronomi, pada Jumat, 19 November 2021 akan terjadi gerhana bulan sebagian (GBS) atau Khusuful Qamar. Gerhana diperkirakan akan berlangsung sejak pukul 17:47 WIB.

Kementerian Agama (Kemenag) pun memberikan imbauan kepada umat Islam untuk melakukan salat sunnah gerhana. Karena masih pandemi, pelaksanaan salat harus dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Kami mengimbau kaum muslimin agar melakukan Salat Gerhana, tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelas Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat (19/11).

“Karena masih pandemi, tetap disiplin 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan,” sambungnya.

Menurutnya, sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dianjurkan melakukan salat gerhana, walaupun dalam posisi gerhana bulan sebagian. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah dan amal-amal kebajikan lainnya.

“Mempertimbangkan waktu terbit bulan di masing-masing daerah, maka Salat Gerhana bisa dilakukan pada rentang setelah Salat Maghrib sampai selesai Gerhana sesuai dengan waktu di atas,” ujar Kamaruddin.

“Doakan agar pandemi ini segera berakhir. Doakan juga untuk keselamatan bangsa dan negara,” pungkas dia. (jawapos-red)

Tinggalkan Balasan