Raih Penghargaan, Kabid SD Disdik Ingin Literasi Siswa di KBB Meningkat

BANDUNG BARAT – Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Dadang A Supardan raih penghargaan kategori pegiat literasi dari yayasan komunitas pengajar penulis Jawa Barat. Penghargaan tersebut didapatkannya karena kinerja serta gagasan beliau sangat progresif dalam dunia literasi.

“Saya mendapatkan penghargaan tersebut karena membuat karya berupa buku, maupun gagasan saya dalam meningkatkan kualitas literasi di sekolah melalui program yang dibuat seperti gerakan literasi sekolah, maupun literasi 15 menit sebelum memulai pembelajaran,” ujar Dadang saat ditemui Jabar Ekspres, Kamis (18/11).

Dengan diraihnya penghargaan tersebut, Dadang ingin ada peningkatan kualitas literasi pendidikan di Sekolah Dasar.

“Seperti yang kita ketahui selama pandemi Covid-19 ini dalam pola pembelajaran jarak jauh, untuk meningkatkan minat literasi membaca siswa terdapat kesulitan, karena tidak adanya controling dari guru, sehingga siswa cenderung malah bermain game,” terangnya.

“Saya menginginkan nantinya Sekolah Dasar yang ada di Bandung Barat itu memfokuskan pada peningkatan literasi, nantinya Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan Bandung Barat dalam hal ini bidang Sekolah Dasar, akan membuat dan mencetak sekolah inspiratif yang memiliki kualitas literasi yang tinggi,” tambahnya.

Dadang mengatakan Sekolah Dasar tersebut nantinya akan diberikan kebijakan mengenai peningkatan literasi serta akan dihadirkan program peningkatan literasi.

“Nanti kita pemerintah daerah Bandung Barat akan menerapkan kebijakan serta program untuk peningkatan kualitas literasi, seperti sekolah dasar nantinya diwajibkan untuk membaca buku sebelum mulai pembelajaran selama 15 menit, kalau tidak ada buku, mungkin boleh Alquran, pokoknya membaca saja,” katanya.

Lebih lanjut Dadang menuturkan program tersebut untuk ke depannya akan memberikan suatu penghargaan bagi sekolah yang dapat menjalankannya secara baik sesuai kebijakan yang berlaku.

“Apabila setiap sekolah nantinya mampu mengikuti kebijakan maupun program dari pemerintah daerah, saya yakin peningkatan kualitas literasi akan tercapai, serta nantinya sekolah yang senantiasa mengikuti program tersebut dengan baik akan mendapatkan penghargaan yang bertajuk Sekolah Inspiratif,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan