Mobil Perpustakaan Keliling Diskarpus Jelajahi Depok, Pemustaka Bisa Mampir

DEPOK – Upaya mempermudah pemustaka mendapatkan bahan bacaan berkualitas mendorong Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok tidak henti-hentinya melakukan serangkaian inovasi.

Belakangan, Diskarpus Depok terlihat memanfaatkan layanan mobil Pepustakaan Keliling atau Pusling untuk memudahkan pemustaka mengakses bacaan yang bermutu.

Menurut Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah, jumlah mobil Pusling sejauh ini ada lima unit. Sarana tersebut kembali beroperasi sejak awal November lalu.

“Mobil Pusling ini boleh dipinjam komunitas, sekolah atau masyarakat untuk membantu para pemustaka mendapatkan bahan bacaan yang dibutuhkan,” kata Siti, Sabtu (13/11).

Meski begitu, pihaknya menyebut minat warga untuk meminjam atau memanfaatkan fasilitas tersebut masih minim akibat pandemi Covid-19.

Dirinya juga menjelaskan terdapat sejumlah fungsi atau kegunaan yang didapatkan dari mobil ini, yakni mulai dari sifatnya yang fleksibel membuat mobil ini bisa menjangkau masyarakat yang ada di daerah pinggiran sekalipun.

“Di samping itu, melalui mobil Pusling ini warga tidak perlu harus datang ke perpustakaan umum, karena sumber pustaka atau bahan bacaan yang disediakan dalam mobil Pusling juga tak kalah lengkap dengan yang ada di perpustakaan umum,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, bagi masyarakat yang berminat bisa langsung menghubungi layanan Diskarpus di nomor kontak Whatsapp 082124065500. Dengan menghubungi kontak tersebut mobil Pusling langsung menuju ke lokasi peminjam atau masyarakat, sekolah, komunitas atau lingkungan yang membutuhkan. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan