Aplikasi Silima Bertransformasi Menjadi Sidakep, Fitur Lebih Lengkap

CIMAHI – Aplikasi Sidakep resmi diluncurkan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Cimahi dengan Plt Walikota Cimahi Ngatiyana. Aplikasi Sidakep merupakan Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan.

Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Disnaker Kota Cimahi, Teja Dahliawati mengatakan, Sidakep merupakan aplikasi yang memberikan informasi tentang data ketenagakerjaan, lowongan pekerjaan serta pelatihan-pelatihan yang sifatnya terintegrasi dalam satu sistem.

Sebelumnya, Disnaker Kota Cimahi membuat inovasi cara melamar pekerjaan dengan sistem digital, yang dinamakan Sistem Link and Match (Silima) yang bisa ditelusuri melalui silima.cimahikota.go.id. Sistem tersebut dinilai lebih efektif dan hemat biaya bagi para pelamar pekerjaan.

“Sidakep ini merupakan sebuah sistem untuk melengkapi fitur sebelumnya yang ada di Silima. Jadi Silima tidak akan hilang, rencananya Sidakep ini akan diimplementasikan pada tahun 2022,” kata Teja, Rabu (10/11).

Sebelumnya, Kepala Disnaker Kota Cimahi Yanuar Taufik menyebut, keberadaan Sidakep akan bermanfaat untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Cimahi. Selain itu, bisa juga untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal Kota Cimahi.

“Untuk menyiapkan SDM ada juga pelatihan. Tidak hanya di Cimahi, bahkan nasional bahkan luar negeri kalau berniat mau meningkatkan kompetensi,” ujar Yanuar.

Untuk saat ini, aplikasi Sidakep masih dalam tahapan penyempurnaan. “Saat ini masih dalam proses penyempurnaan. Kemungkinan dalam waktu dekat baru bisa beroperasi,” jelasnya.

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, aplikasi Sidakep akan memberikan informasi kepada masyarakat tentang peluang ketenagakerjaan. Tujuan diluncurkannya Sidakep untuk mempermudah masyarakat dengan mengakses informasi ketenagakerjaan dan pelatihan.

“Melalui Sidakep masyarakat bisa melihat apa saja informasi ketenagakerjaan maupun pelatihan,” tutup Ngatiyana. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan