Tes PCR di Indonesia Lebih Murah dari Negara Tetangga

JAKARTA – Direktur Utama PT Biofarma Honesti Basyir mengungkapkan bahwa harga tes polymerase chain reaction (PCR) di Indonesia paling murah dibandingan negara-negara seperti Thailand, Singapura, dan Uni Emirat Arab (UEA). Adapun saat ini pemerintah telah menurunkan batas atas tarif PCR menjadi Rp275 ribu untuk di Pulau Jawa dan Bali. Sementara di luar Jawa Bali harganya sebesar Rp 300 ribu.

“Menurut kami, harga tes PCR yang ada di Indonesia termurah dibandingkan dengan harga di negara tetangga seperti Thailand, Singapura, malah juga beberapa negara seperti UEA itu harganya juga jauh lebih mahal,” ujar Honesti dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Selasa (9/11).

Honesti meyakini, dengan banyaknya suplai dalam negeri terkait tes PCR ini, maka harga tes PCR bisa diturunkan.

“Saya berkeyakinan semakin banyak suplai dalam negeri harga ini bisa semakin diturunkan pada level tertentu dan juga dengan adanya bisnis modal yang berkembang antara kolaborasi pemilik mesin dengan raagen sendiri bisa menekan harga,” katanya.

Ia melanjutkan, harga tes PCR yang sudah diturunkan menjadi Rp275 untuk Pulau Jawa dan Bali itu sudah memberikan kemudahan masyarakat.

“Ini sangat membantu masyarakat. Persis seperti obat-obat farmasi yang memiliki harga eceran tertinggi sesuai ketetapan pemerintah,” pungkasnya. (jawapos-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan