5 Jenis Karakter Penumpang Bus, Dari yang Paling Tertib Hingga Paling Menyebalkan

BANDUNGBus merupakan salah satu jenis transportasi yang paling diminati masyarakat perkotaan. Dengan masih banyaknya masyarakat yang menggunakan bus sebagai alat transportasi utama, berhentinya kegiatan operasional DAMRI di Kota Bandung sangat disayangkan bagi para penikmat fasilitasnya. Untuk diketahui, beberapa trayek DAMRI berhenti beroperasi per tanggal 28 Oktober 2021 dikarenakan kerugian perusahaan semenjak pandemi melanda.

8 trayek layanan operasional damri berhenti
Dok. Dishub Kota Bandung

Pihak DAMRI sendiri belum bisa memastikan kapan mereka akan kembali menggerakkan armada bus-nya untuk melayani masyarakat.

Tak hanya untuk usia produktif, transportasi bus juga kerap kali digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga lansia. Selain ongkos yang terbilang murah, kapasitas penumpang yang banyak juga dinilai efektif untuk menempuh jarak hingga ke tempat tujuan. Karakter penumpangnya pun sangat beragam, dari mulai penumpang yang tertib, penumpang yang lemah fisik, hingga penumpang yang sulit diatur.

Berikut adalah macam-macam karakteristik penumpang bus yang dibagi berdasarkan usia dan golongannya :

1. Anak Muda, Pelajar dan Mahasiswa

Para penumpang bus yang berusia muda sebagian besar dari mereka merupakan penumpang yang paling mudah untuk diatur dan menyesuaikan diri. Mereka tak masalah jika harus duduk di kursi manapun. Ketika bus dalam keadaan penuh penumpang, mereka tak akan berkeberatan untuk berdiri dalam waktu yang cukup lama selama perjalanan.

Selain itu, para penumpang usia muda juga seringkali menyerahkan tempat duduknya untuk jenis penumpang yang lebih membutuhkan, seperti ibu hamil, ibu yang membawa anak kecil, orang berkebutuhan khusus dan lansia.

Kekurangan dari para penumpang bus usia muda adalah ketika mereka berkumpul bersama dengan teman-teman seusianya ketika menumpang bus. Mereka seringkali mengobrol dan bersenda gurau dengan suara keras hingga membuat suasana di dalam bus menjadi berisik.

2. Ibu-ibu

Wanita di atas usia dewasa atau sering kita sebut ibu-ibu merupakan penumpang bus yang sering menjadi prioritas untuk mendapatkan kursi penumpang. Keadaan fisik sudah tidak muda lagi membuat mereka tidak kuat untuk berdiri dalam waktu yang lama selama perjalanan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan